Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat bagi umat muslim saat akan mendirikan sholat. Maka dari itu, pastinya umat muslim sudah sangat akrab dengan aktifitas berwudhu. Setidaknya umat muslim berwudhu lima kali dalam sehari ketika mereka hendak melaksanakan shalat wajib 5 waktu.

Dalam fiqih mazhab Syafi’i, ada enam hal yang menjadi rukun wudhu. Yakni niat, membasuh muka, membasuh kedua tangan hingga siku, mengusap sebagian kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki, dan tertib. Hal itu sesuai dengan petunjuk Allah SWT dalam Al Quran, QS Al Maidah ayat 6, sebagai berikut :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan taganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6)

Namun, tahukah kamu jika berwudhu ternyata bukan hanya sebagai sarana untuk membersihkan diri atau bersuci dari hadas kecil. Wudhu juga memiliki fungsi atau manfaat lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut Fimela.com akan mengulas 4 manfaat berwudhu bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

Membersihkan Anggota Tubuh dari Kuman

Manfaat berwudhu bagi kesehatan tubuh yang pertama ialah mampu membersihkan anggota tubuh dari kuman. Meskipun air wudhu bukan obat kimia, namun air wudhu dapat meningkatkan kesehatan manusia. Air wudhu yang mengalir ke anggota tubuh dapat membersihkan kuman-kuman yang mungkin saja menempel.

Pastinya dalam beraktifitas di kehidupan sehari-hari, kamu menyentuh berbagai hal saat beraktivitas. Jika kamu rajin berwudhu, sudah pasti kamu mencuci tangan hingga muka dengan air mengalir. Maka, kuman pun akan hilang.

Menurut sudut pandang pengobatan secara medis, beberapa peneliti telah membuktikan bahwa wudhu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan karena terpaparkan kulit oleh bahan-bahan kimia yang menempel setiap hari dan terserap oleh kulit. Membersihkannya dengan air (berwudhu) minimal lima kali sehari jadi salah satu cara efektif untuk mencegahnya.

Mencegah Kerutan Pada Wajah

Kedua, manfaat berwudhu bagi kesehatan tubuh lainnya ialah dapat mencegah kerutan pada wajah. Pastinya bagi perempuan dewasa, kerutan pada wajah bisa menjadi masalah kulit yang sangat dikhawatirkan. Maka dari itu, rajinlah berwudhu karena bisa mencegah kerutan pada wajah.

Berwudhu dengan cara membasuh wajah ternyata bisa membantu mencegah kerutan pada wajah. Membasuh wajah bisa meremajakan sel-sel kulit wajah dan membantu cegah keriput.

Selain itu, kita juga disarankan untuk berwudhu sebelum tidur. Hal ini termasuk sunnah Rasulullah yang tujuannya agar setiap muslim dalam kondisi suci di setiap keadaan, meskipun saat tidur. Mengenai sunnah ini, Rasulullah telah menjelaskan dalam sabda beliau yang diriwayatkan dari sahabat Al Barra' bin 'Azib bahwasanya beliau berkata:

"Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah sebagaimana wudhumu untuk sholat." (HR. Al Bukhari)

Menjaga Kesehatan Mulut

Terakhir, manfaat berwudhu bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui adalah dapat menjaga kesehatan mulut dari penyakit. Selama berwudhu dan ketika berkumur-kumur dapat membantu hilangkan partikel makanan dan bakteri dari mulut.

Ketika berwudhu, kita mengenal istilah Istinsyaq. Istinsyaq adalah sunah dalam wudhu yakni menghirup air ke dalam rongga hidung. Dalam dunia kesehatan, istinsyaq sama halnya dengan nasal irigation yang berarti mencuci rongga hidung dari segala macam kotoran yang ada di dalamnya mulai dari debu hingga bakteri.

Menghirup air ke dalam rongga hidung bisa membantu mencuci semua kuman-kuman atau alergi yang kayak debu ataupun bakteri ataupun virus dari hidung. Jika dalam sehari kita melakukan sholat 5 waktu dan setiap berwudhu beristinsyaq sebanyak tiga kali, malah dalam sehari kita sudah membersihkan rongga hidung sebanyak 15 kali.

Jika rongga hidung bersih, pastinya kita dapat terhindar dari berbagai penyakit saluran pernapasan seperti influenza hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Melancarkan Peredaran Darah

Terakhir, manfaat berwudhu bagi kesehatan tubuh ialah dapat melancarkan peredaran darah. Saat kulit bersentuhan dengan air, maka akan terjadi normalisasi suhu tubuh karena bertemunya suhu panas dalam tubuh dengan suhu dingin air. Tubuh menjadi sejuk dan peredaran darah pun menjadi lancar.

Ketika peredaran tubuh lancar, maka kerja jantung menjadi optimal. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan menghindarkan tubuh dari risiko serangan jantung.

Berwudhu juga dapat membuatmu lebih berkonsentrasi karena berwudhu juga mengusap kepala dengan air. Saat membasuh air ke kepala, akan ada efek segar pada kepala yang membuat pikiran menjadi tenang dan mudah berkonsentrasi. Para ahli saraf menyebutkan bahwa air wudhu yang mendinginkan ujung-ujung saraf jari tangan dan jari kaki dapat mempengaruhi konsentrasi dan pikiran.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading