Sukses

Lifestyle

Mengintip Tradisi Ramadan di Iran Utara yang Unik

Fimela.com, Jakarta Setiap negara yang memiliki pemeluk agama Islam pasti memiliki tradisi Ramadan yang berbeda. Ramadan, bulan ke-9 dalam kalender Islam merupakan bulan suci yang dirayakan dengan cara berbeda-beda di setiap daerah. 

Ada begitu banyak tradisi unik selama Ramadan di dunia ini. Seperti Iran, negara yang mungkin tidak begitu disorot mengenai tradisi dan budayanya sepanjang bulan Ramadan. 

Dilansir dari Tehran Times, ada begitu banyak festival dan kebiasaan yang dijalani masyarakat setempat. Seperti mendekorasi jalanan, gang, dan toko-toko menggunakan bunga dan lampu-lampu. Setiap kali berpapasan dengan satu sama lain, masyarakat Iran memberikan salam Ramadan Mubarak. Namun, daerah utara dan selatan Iran memiliki kebiasaan berbeda. Di utara, ada begitu banyak makanan khas Ramadan, ritual, dan tradisi unik. Apa saja?

Tradisi Qabakhlama 

Para Azeris atau orang-orang yang berada di bagian barat laut provinsi Azarbaijan Timur dan Barat, menjalani tradisi Qabakhlama, yaitu sebuah tradisi yang dilakukan pada 3-10 hari sebelum Ramadan untuk menyambut bulan suci ini. Bukan hanya berpuasa, Ramadan dirayakan dengan membersihkan rumah dan masjid. Sementara para perempuan di sana, terutama di desa-desa, fokus membersihkan rumah untuk menyambut Ramadan

Berkaca

Di daerah Barat Laut Iran, kebiasaan melihat diri sendiri di dalam cermin ketika Ramadan tiba sambil berdoa merupakan sebuah tradisi yang tidak pernah ditinggalkan. Meski kini kebanyakan dilakukan para orang tua saja, mereka mengambil cermin dan menggerakkannya di sekitar mereka dan anggota keluarga lainnya di rumah untuk menangkal kejahatan dan keburukan. Tradisi ini didasarkan pada kepercayaan bahwa hati uman beriman harus bersih seperti cermin. 

Tabagh Orooji

Ini merupakan sebuah ritual yang dilakukan para keluarga yang memiliki anak yang baru saja menikah. Tradisi ini dilakukan keluarga mempelai pria dengan cara memberikan pakaian, syal, kerudung, dan kue-kue serta buah kepada pengantin baru sebagai hadiah Ramadan. 

Tareh-Halvasi dan Yaghlifatir

Para perempuan Azeri mendekorasi meja dengan makana yang berwarna-warni selama Ramadan. Salah satunya Tareh-Halvasi, puding yang disajikan pada saat berbuka puasa. Selain itu, juga ada roti Yaghlifatir yang merupakan salah satu sajian istimewa di bulan Ramadan. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading