Sukses

Lifestyle

Tren Belanja Online Selama Ramadan Saat Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Menjalani Ramadan di tengah pandemi virus corona, mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah untuk memutus mata rantai penyebarannya. Sehingga berbelanja online lewat e-commerce menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Fenomena ini akhirnya membawa kita kepada perubahan tren perilaku berbelanja di tengah rutinitas baru yang terpusat di rumah saat pandemi virus corona. Untuk mendukung situasi ini, Shopee fokus untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman melalui kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah.

“Kami melihat lebih banyak masyarakat memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensialnya, mulai dari perlengkapan rumah, produk-produk kesehatan, hingga perlengkapan ibu dan bayi. Karena melihat pentingnya peran e-commerce di kehidupan masyarakat saat ini, Shopee akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengalaman berbelanja untuk semua,” kata Handhika Jahja Direktur Shopee Indonesia seperti rilis yang diterima Fimela, Minggu (10/5/2020).

Berdasarkan data Shopee, permintaan atas produk-produk dari kategori perlengkapan rumah, makanan dan minuman, hingga kebutuhan ibu dan bayi di tengah pandemi meningkat. Dengan adanya pemindahan seluruh aktivitas ke rumah, kebutuhan pokok menjadi pencarian utama masyarakat Indonesia selama bulan Ramadan.

 

Tren belanja online di tengah pandemi

Selain itu, meningkatnya upaya penerapan kebijakan physical distancing saat ini juga telah menghasilkan peningkatan atas kebutuhan sanitasi, yang mengindikasikan produk kesehatan sebagai kategori yang paling banyak dibutuhkan. Sebagai contoh, Shopee melihat adanya peningkatan permintaan sebesar hampir 3 kali lipat untuk produk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama penerapan imbauan physical distancing dari pemerintah.

 

Tren belanja online di bulan Ramadan

Sementara di bulan Ramadan, Shopee juga mencatat tren belanja dari masyarakat Indonesia. Bulan Ramadan identik dengan waktu dan kegiatan untuk beribadah, refleksi diri secara spiritual, kegiatan berbuka puasa bersama dengan keluarga dan teman, hingga perayaan hari raya Idul Fitri setelahnya.

Kecantikan, Muslim Fashion, dan Handphone & Aksesoris menjadi kategori terpopuler selama Ramadan. Walaupun masyarakat Indonesia menjalankan ibadah di bulan Ramadan dari rumah, Shopee tetap melihat adanya peningkatan atas permintaan untuk produk-produk Kecantikan, Muslim Fashion, dan HP.

Masyarakat Indonesia juga cenderung untuk menjaga kebersihan rumah selama Ramadan di tengah pandemi. Produk-produk pada kategori Dekorasi Rumah dan Home & Living melonjak karena kegiatan dipusatkan di rumah selama bulan Ramadan tahun ini.

“Kami berharap rangkaian program yang telah Shopee persiapkan dapat terus menjadi solusi belanja online yang dapat diandalkan oleh para pengguna. Salah satunya dengan memanfaatkan 2 periode puncak kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah, yakni Big Ramadhan THR Sale pada tanggal 11 Mei 2020 di mana para pengguna akan dimanjakan oleh 11 promo, dan THR Ekstra Day di tanggal 15 Mei 2020,” tutup Handhika Jahja.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading