Sukses

Lifestyle

Catat, Inilah 5 Makanan yang Perlu Dibatasi saat Lebaran

Fimela.com, Jakarta Pada saat lebaran, kita seringkali terjebak untuk melahap semua makanan yang disediakan. Alih-alih sebagai bentuk merayakan lebaran, perilaku ini sebenarnya kurang sehat bagi tubuh. Rawan terjadi obesitas serta masalah kesehatan pencernaan lainnya.

Tentunya perlu kamu ketahui bahwa selama perayaan lebaran akan ada banyak makanan yang mengandung ataupun menyebabkan kolesterol tinggi dan patut kamu batasi konsumsinya. Biasanya makanan ini justru dianggap makanan ringan yang tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, sehingga dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Mengkonsumsi makanan yang dapat memicu tingkat kolesterol dalam tubuh pasti bukan hal yang bijak dan juga bukan pola hidup yang baik. Tidak bercanda, jika kolesterol didalam tubuh naik, maka dapat memicu berbagai penyakit serius seperti, stroke dan serangan jantung.

Oleh karena itu, sekarang kamu perlu mengenali makanan apa saja yang perlu kamu batasi saat lebaran. Untuk itu, Fimela.com akan membagikan informasi 5 makanan yang perlu kamu batasi saat lebaran. Beberapa makanan tersebut tentunya dapat memicu kolesterol tinggi, simak selengkapnya berikut ini.

Gorengan

Makanan yang perlu kamu batasi pertama saat lebaran ialah gorengan atau makanan-makanan yang digoreng. Makanan jenis ini dapat meningkatkan kolesterol saat lebaran. Contoh makanan goreng yang mudah ditemui seperti, ayam goreng, berbagai jenis kue lebaran, dan tentunya berbagai macam gorengan mengandung banyak lemak yang berbahaya bagi tubuh.

Kolesterol jahat yang berasal dari kandungan lemak dalam makanan tersebut akan menyerang tubuh dan menyebabkan pengendapan di dalam pembuluh darah. Makanan yang terlalu berminyak akan meningkatkan terjadinya risiko penyakit kardiovaskular.

Maka dari itu, jagalah kesehatan dengan membatasi konsumsi makanan goreng-gorengan saat lebaran. Memakannya dalam jumlah sedikit boleh asal tidak berlebihan dan diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

Makanan Berlemak

Makanan kedua yang perlu kamu batasi saat lebaran tentunya adalah makanan berlemak, sama seperti gorengan. Makanan berlemak merupakan sumber kolesterol yang tinggi. Makanan dengan lemak yang berlebihan seperti santan akan sangat susah dicerna oleh tubuh.

Tidak hanya makanan berat, bahkan kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi berbagai jenis cokelat. Cokelat yang mengandung lemak jenuh yang dapat memicu kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi tinggi.

Makanan dengan kandungan lemak berlebihan ini akan lebih banyak disimpan dalam bentuk jaringan di bawah kulit pada tubuh, ini juga yang menyebabkan pemicu obesitas pada tubuh karena lemak tidak dapat dicerna oleh tubuh secara sempurna dan akhirnya mengendap.

Bila kamu tetap mengonsumsi jenis makanan berlemak seperti santan dan cokelat tanpa dibatasi, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami sakit setelah lebaran karena gangguan kardiovaskular serta gangguan kesehatan lainnya.

Seafood

Ketiga, makanan yang perlu kamu batasi saat lebaran ialah seafood. Memang seafood memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, contohnya saja ikan. Ikan memiliki kandungan yang dapat menstimulasi kecerdasan otak.

Namun, apabila kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak justru hal itu tidak sehat untuk tubuh. Ada beberapa jenis seafood yang perlu kamu batasi untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Jenis seafood yang memiliki kandungan kolesterol tinggi contohnya adalah udang. Mengkonsumsi udang secara berlebihan dapat menyebabkan tubuh mengalami gangguan. Kamu harus membatasi konsumsi seafood selama lebaran agar tubuh tetap sehat. Selain itu, kamu juga harus rajin melakukan olahraga bila tidak ingin terkena kolesterol tinggi akibat makan seafood berlebihan.

Makanan Asin

Keempat, makanan yang perlu kamu batasi saat lebaran ialah makanan asin, baik makanan berat maupun cemilan. Pastinya sajian makanan asin saat lebaran akan jadi momen yang tidak terelakkan lagi. Ini akan jadi tantangan untukmu membatasi konsumsi makanan asin.

Makanan asin yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Makanan asin dapat memicu tekanan darah tinggi dan memicu kolesterol. Bahkan yang lebih parah dapat menyebabkan gangguan jantung jika kamu tidak membatasinya.

Oleh karena itu, lebih baik kamu mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, sehingga tubuh bebas dari berbagai gangguan penyakit pencernaan.

Kuning Telur

Terakhir, makanan yang perlu kamu batasi saat lebaran adalah kuning telur. Perlu diketahui bahwa kuning telur mengandung cukup banyak kolesterol yang dapat memicu gangguan kesehatan pada tubuh seperti penyakit kardiovaskular.

Maka dari itu, batasi konsumsi telur saat lebaran, dalam bentuk apapun misalnya dibuat dalam bentuk omelette atau sunny side-up. Kamu juga harus membatasi kue lebaran karena sebagian besar kue lebaran memakai kuning telur sebagai bahan utamanya.

;
Loading