Sukses

Lifestyle

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Tanpa disadari, ternyata ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan, pada saat sedang buka puasa. Pada saat buka puasa, beberapa orang memilih untuk langsung mengonsumsi makanan berat, karena seharian perut kosong.

Beberapa kesalahan yang terjadi pada saat buka puasa, bisa menyebabkan gangguan kesehatan, dan bisa membuat berat badan jadi naik. Berikut 6 kesalahan yang sering dilakukan saat buka puasa, agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Mengonsumsi Air Dingin

Pada saat buka puasa, banyak orang lebih memilih mengonsumsi minuman dingin, untuk menghilangkan rasa haus. Mengonsumsi air dingin saat buka puasa, bisa menyebabkan penyakit lambung. Karena seharian perut kosong.

Selain itu mengonsumsi air dingin setelah perut seharian kosong, bisa menyebabkan terhambatnya proses pencernaan, dan nyeri pada perut. Air dingin dapat membekukan makanan, tidak dapat menghancurkan lemak, dan membuat perut hingga sembelit.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Mengonsumsi makanan dan minuman manis saat buka puasa, merupakan kesalahan yang biasa dilakukan. Hal ini bisa menyebabkan berat badan naik dan gangguan kesehatan tertentu.

Makanan dan minuman manis, mengandung gula yang tinggi, dan bisa menyebabkan kadar insulin menjadi naik. Apalagi jika makanan dan minuman tersebut mengandung gula tambahan, selain bisa menyebabkan asam di dalam tubuh, mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa menyebabkan berat badan naik.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman manis, juga bisa menyebabkan penyakit kanker, serta menimbulkan penyakit diabetes.

Mengonsumsi Kafein

Beberapa orang lebih suka mengonsumsi kafein saat buka puasa, seperti teh atau kopi. Mengonsumsi kafein juga merupakan kesalahan yang dilakukan saat buka puasa.

Mengonsumsi kafein setelah perut seharian kosong, bisa menyebabkan asam lambung naik, dan bisa membuat mual. Terlalu banyak mengonsumsi kafein juga bisa meningkatkan perasaan cemas, menyebabkan insomnia, dan membuat jantung berdetak lebih cepat.

Mengonsumsi kafein juga bisa menimbulkan bakteri asam di mulut, yang bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap, dan gigi berwarna kuning.

Mengonsumsi Makanan Berlemak dan Berminyak

Kesalahan saat buka puasa yang berikutnya adalah mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak Tidak bisa dipungkiri lagi, gorengan merupakan makanan yang memiliki rasa enak. Mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Karena lemak jenuh susah dicerna di dalam tubuh, dan memerlukan enzim untuk mencernanya.

Makanan berminyak dan berlemak ternyata bisa merusak bakteri baik di dalam usus. Lemak bisa menganggu keseimbangan sel imun, yang menyebabkan sel imun melemah. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan berminyak dan berlemak, bisa menyebabkan timbulnya jerawat di kulit.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat

Kesalahan yang sering terjadi pada saat buka puasa adalah mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat. Walaupun seharian menahan lapar, seharusnya Sahabat Fimela harus bisa membatasi karbohidrat yang masuk di dalam perut.

Mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak, bisa menyebabkan kadar gula darah naik, terutama karbohidrat jenis nasi putih. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, bisa membuat lemak menumpuk di perut, dan menyebabkan obesitas.

Bukan membuat kenyang, tetapi mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak, justru membuat perut terus menerus merasakan lapar.

Mengonsumsi Makanan Pedas dan Asam

Mengonsumsi makanan pedas dan asam saat buka puasa, merupakan kesalahan yang sering dilakukan, perempuan yang suka makan pedas.

Mengonsumsi makanan pedas dan asam, bisa membuat asam lambung naik, dan mengganggu sistem pencernaan. Makanan asam bisa melukai dinding lambung, dan bisa membuat iritasi pada lambung, sehingga akan membuat mual dan merasakan nyeri pada lambung.

Agar tidak mengalami gangguan sistem pencernaan, sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam, pada saat berbuka puasa.

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Memilih Sampo untuk Anak yang Aman Digunakan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah