Sukses

Lifestyle

Waspadai 5 Penyebab Pusing dan Cara Mencegah Pusing Saat Bulan Puasa

Fimela.com, Jakarta Saat bulan puasa, pasti Sahabat Fimela pernah merasakan pusing. Ternyata penyebab pusing tidak selalu disebabkan karena lapar.

Pusing adalah gangguan kesehatan yang sering terjadi saat bulan puasa. Pusing merupakan pertanda, kalau kondisi tubuhmu sedang tidak sehat.

Penyebab pusing saat bulan puasa, bisa disebabkan karena berubahnya pola hidup, seperti kurang tidur dan kurangnya asupan gizi. Yuk waspadai 5 penyebab pusing berikut ini, dan cara mencegah pusing saat bulan puasa, yang dilansir dari liputan6.com:

Dehidrasi

Penyebab pusing yang pertama adalah dehidrasi. Saat bulan puasa, sangat wajar jika seseorang mengalami dehidrasi.

Dehidrasi disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Apalagi jika tubuh mengeluarkan banyak keringat, akibat aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Pada saat bulan puasa, dehidrasi menyebabkan pusing karena volume otak menyusut, tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Dehidrasi juga bisa menyebabkan tubuh lemas, sulit berkonsentrasi, dan kulit menjadi sangat kering.

Cara Mencegah Pusing Karena Dehidrasi

Penyebab pusing karena dehidrasi, artinya tubuh kekurangan cairan, pada saat bulan puasa. Agar tubuh tidak kekurangan cairan, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi air putih pada saat buka puasa dan sahur, dengan minimal 8 gelas sehari.

Cara mencegah dehidrasi juga bisa dilakukan dengan menghindari beberapa minuman, seperti minuman yang mengandung kafein, minuman yang terlalu manis, dan minuman yang berkarbonasi atau bersoda.

Kadar Gula Darah Menurun

Kadar gula darah menurun harus diwaspadai, karena bisa jadi penyebab pusing, pada saat bulan puasa. Kadar gula darah menurun, bisa terjadi karena salah makan saat sahur atau buka puasa, dan mengonsumsi makanan yang tidak bernutrisi.

Kadar gula darah menurun juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan glukosa. Glukosa diperlukan tubuh untuk menambah energi sehari-hari. Jika tubuh kekurangan glukosa akan menyebabkan lemas dan pusing.

Cara Mencegah Kadar Gula Darah Menurun

Pada saat bulan puasa, cara mencegah kadar gula darah menurun, sangatlah mudah. Sahabat Fimela hanya perlu mengonsumsi makanan bernutrisi, pada saat buka puasa dan sahur, agar kadar gula darah terkontrol.

Makanan yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah, seperti makanan berserat, mengandung mineral dan mengandung karbohidrat kompleks. Kurangi mengonsumsi makanan yang terlalu manis, karena makanan terlalu manis bisa menyebabkan kadar gula darah naik, kemudian turun secara drastis.

Kurang Tidur

Penyebab pusing yang sering terjadi adalah kurang tidur. Saat bulan puasa, akan mengalami kurang tidur karena harus bangun pagi saat sahur. Menurut penelitian, jika seseorang kurang tidur, akan menimbulkan reaksi saraf di otak penyebab pusing.

Kurangnya mengonsumsi makanan dan minuman saat bulan puasa, bisa memicu tubuh menjadi lebih lelah, apalagi jika tubuh kekurangan waktu untuk istirahat atau tidur.

Cara Mencegah Pusing Akibat Kurang Tidur

Pada saat bulan puasa, cara mencegah pusing akibat kurang tidur, sangat mudah dilakukan. Sahabat Fimela hanya perlu mengatur waktu, untuk tidur selama kurang lebih 8 jam, dan usahakan jangan begadang.

Jika pada siang hari merasakan ngantuk, istirahatlah sebentar selama 1 atau 2 jam, untuk mencegah pusing. Kurangi aktivitas yang menyebabkan tubuh terlalu lelah, dan hindari menunda pekerjaan, agar tidak begadang pada malam hari.

Tekanan Darah Menurun

Penyebab pusing sering terjadi karena tekanan darah menurun. Saat tekanan darah menurun, tubuh menjadi lemas dan tidak seimbang. Saat tekanan darah menurun, jantung tidak bisa memompa oksigen dan darah ke otak, Sehingga menyebabkan kepala pusing.

Tekanan darah menurun juga disebabkan karena kurang tubuh kekurangan nutrisi, dan tubuh kekurangan cairan, sehingga tidak kuat melakukan aktivitas seharian.

Cara Mencegah Tekanan Darah Menurun

Cara mencegah tekanan darah menurun, bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi, pada saat buka puasa atau sahur.

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin, mineral, serat dan karbohidrat kompleks saat buka puasa dan sahur. Kurangi mengonsumsi gula, jaga kualitas tidur tetap baik, dan pikiran jangan terlalu stres.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Penyebab pusing yang terakhir, bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi kafein, saat sebelum bulan puasa. Karena pecandu kafein, akan merasa pusing, jika tidak mengonsumsi kafein seperti biasanya.

Gejala pusing yang dialami pecandu kafein, diberi nama dengan gejala putus kafein, yang ditandai dengan kepala pusing. Seorang pecandu kafein, bisa merasakan gelisah atau cemas, dan kesulitan berkonsentrasi jika kekurangan asupan kafein.

Cara Mencegah Pusing Kafein

Cara mencegah pusing yang disebabkan karena kecanduan kafein, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi kafein saat buka puasa.

Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein, karena bisa menyebabkan asam lambung naik. Konsumsilah minuman yang menyehatkan, sebagai pengganti asupan kafein harian mu, seperti mengonsumsi air putih.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading