Sukses

Lifestyle

Simak Doa Sebelum Belajar dan Kiat-Kiat Agar Anak Menjadi Rajin

Fimela.com, Jakarta Agar anak semakin giat dan fokus belajar, para orangtua harus membiasakan anak untuk berdoa dulu sebelum belajar. Kebiasaan ini penting untuk dilakukan agar anak senantiasa dimudahkan dalam proses belajar. Berdoa sebelum belajar merupakan kebiasaan terpuji karena sesungguhnya belajar juga bagian dari ibadah.

Tujuan dari berdoa sebelum belajar adalah memohon kelancaran, kemudahan, dan juga ketenangan dalam menimba ilmu ataupun mempelajari sesuatu. Dengan berdoa terlebih dahulu, anak akan lebih mudah memahami pelajaran dan juga lebih fokus.

Selain itu, berdoa sebelum belajar juga membuat ilmu yang dipelajari menjadi lebih berkah. Ilmu yang berkah pastinya dapat menolong kita didunia maupun di akhirat nanti. Adapun sifat yang juga bisa dipelihara oleh anak ketika membiasakan diri berdoa sebelum belajar ialah adanya kesabaran dalam menuntut ilmu.

Agar para orangtua bisa menanamkan kebiasaan ini, Fimela.com akan membagikan informasi doa sebelum belajar dan kiat-kiat agar anak menjadi rajin belajar. Tentunya ulasan yang sangat menarik dan berguna bagi orangtua. Simak selengkapnya berikut ini.

Bunyi Doa Sebelum Belajar dan Terjemahannya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kita mengetahui bahwa belajar juga merupakan salah satu bentuk ibadah. Maka dari itu, hendaknya sama dengan ibadah yang lain, kita membaca doa terlebih dahulu sebelum belajar. Adapun doa sebelum belajar yang bisa orangtua ajarkan langsung kepada anaknya, seperti berikut:

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Artinya:

”Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Kiat-Kiat Anak Menjadi Rajin Belajar

Agar anak rajin belajar maka, para orangtua harus memahami kiat – kiatnya. Hal ini penting karena bisa dijadikan sebagai salah satu strategi orangtua untuk mengasuh anak. Tentunya jika anak menjadi rajin, maka prestasi belajarnya pun akan meningkat dan dapat membanggakan orangtua. Berikut kiat-kiat agar anak menjadi rajin:

Buat Struktur Belajar yang Baik

Kiat-kiat yang pertama ialah orangtua harus mampu membuat struktur belajar yang baik bagi anak. Struktur belajar yang baik dan mudah dijalani oleh anak akan memotivasi si anak untuk menyukai kegiatan belajar.

Struktur belajar yang bisa diterapkan contohnya adalah menerapkan pola disiplin pada anak, misalnya membuat jadwal belajar. Dengan jadwal belajar yang sudah terbentuk maka, baik anak dan orangtua sebenarnya sama-sama belajar untuk disiplin. Pada saat waktu belajar tiba, anak harus belajar dan orangtua juga ikut mendampingi proses belajar anak.

Memberi Pujian dan Semangat Pada Anak

Kedua, kiat-kiat selanjutnya yang bisa diterapkan ialah memberikan pujian dan semangat dari orangtua kepada anaknya. Memberikan pujian dan juga semangat merupakan bentuk apresiasi orangtua kepada anak secara tulus sehingga anak akan termotivasi untuk memaksimalkan kegiatan belajarnya.

Hindari kebiasaan seperti memarahi anak atau mengatakan hal-hal buruk pada anak yang bisa membuatnya jadi malas belajar. Lagipula itu bukan pola asuh yang baik. Seharusnya anak mendengarkan dan mendapatkan semangat dari orangtuanya agar kerja kerasnya dalam mempelajari sesuatu menjadi tidak sia-sia dan anak pun merasa dihargai oleh orangtua.

Fokus Pada Proses Bukan Hasil

Terakhir, kiat-kiat agar anak menjadi rajin yang bisa dilakukan oleh orangtua ialah memberi pengertian pada anak bahwa mereka harus berfokus pada proses bukan pada hasil. Orangtua dalam posisi ini harus juga bisa memberikan contoh bahwa proses belajar adalah bagian yang terpenting.

Prinsip ini penting diterapkan sejak kecil agar karakter yang dimiliki anak juga baik. Dengan menghargai proses belajar, anak akan memiliki karakter yang jujur dan juga pantang menyerah dalam mempelajari sesuatu. Lagipula apabila anak sudah memaksimalkan kemampuannya dalam belajar maka, hasilnya juga berbanding lurus. Maka dari itu, jangan paksa anak untuk mendapatkan hasil yang terbaik sementara prosesnya buruk.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Nastar Teflon Lembut dan Mudah Dibuat
Artikel Selanjutnya
Respons CEO Tokopedia William Tanuwijaya dalam Kasus Pencurian Data