Sukses

Lifestyle

Presiden Jokowi Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Presiden Jokowi meresmikan gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Gerakan yang dilakukan untuk mendukung dan memajukan produk dan karya anak bangsa ini dapat membuat perekenomian Indonesia semakin membaik. Terlebih di tengah pandemi virus corona saat ini.

Gerakan ini untuk mewujudkan cita-cita produk Indonesia menjadi tuan di negeri sendiri. Peresmian ini dilakukan melalui siaran langsung di akun platform berbagi video Sekretariat Presiden, Kamis (14/5/2020).

"Dengan Mengucap Bismillahirrohmanirrahim, Saya resmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia," kata Presiden Jokowi.

Dengan semangat #BanggaBuatanIndonesia ini bersama-sama mendukung UMKM dengan membeli produk anak bangsa. Selain itu diharapkan lewat gerakan ini juga UMKM semakin baik dalam memasarkan produknya, terlebih ketika menghadapi tantangan di masa pandemi ini. Sudah saatnya pelaku industri kecil menengah ini mulai beralih menggunakan platform digital dalam memasarkan produk mereka.

Pada peresmian gerakan ini juga turut disaksikan oleh sederet kementrian Republik Indonesia, kepala daerah, dan pelaku UMKM. Hal ini memperlihatkan bahhwa segala sektor telah siap untuk mendukung semangat gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini untuk mewujudkan cita-cita bersama.

 

Jadi tuan di negeri sendiri

Gerakan ini juga mendorong konsumen untuk lebih bangga membeli dan menggunakan produk buatan dalam negeri. Dengan #BanggaBuatanIndonesia harapannya akan membuat Indonesia lebih cepat bangkit dari kondisi sekarang yang sedang dilanda pandemi.

“Bukan hanya dampak pandemi COVID-19 saja, tapi memang sudah waktunya UMKM juga merambah jalur digital guna mengembangkan usahanya,” kata Ignatius Untung Ketua Umum idEA.

 

Pelatihan dan pendampingan UMKM

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, perlunya UMKM mendapat pendampingan dan pelatihan terkait digitalisasi agar bisa mencapai hasil sesuai harapan.

“Kami mendukung Gerakan #BanggaBuatanIndonesia ini, karena memungkinkan UMKM mendapatkan pelatihan online tentang bagaimana mengembangkan usaha mereka. Pelatihan tersebut bukan hanya untuk menjawab permasalahan saat ini, tetapi juga menjadi persiapan masa depan. Namun, masih tetap diperlukan ketekunan dan konsistensi dari UMKM untuk meningkatkan penjualannya,” kata Menko Airlangga.

Lewat gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia sudah saatnya kita mengambil kendali. Waktunya membangun bangsa mulai dari hati dengan rasa bangga membeli dan memakai produksi negeri sendiri.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading