Sukses

Lifestyle

10 Tanda Mata Sehat yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Mata merupakan jendela dunia yang teramat penting kita jaga. Bila mata tidak sehat, maka penglihatan tentu akan terganggu.

Untuk itu, sahabat Fimela juga harus mengetahui bagaimana mana ciri-ciri mata sehat agar jika terjadi sesuatu dapat langsung menghubungi dokter mata. Berikut ulasannya, dilansir dari Kemkes.go.id dan Klikdokter.com.

1. Kelopak mata dapat membuka dan menutup dengan baik

Kelopak mata yang sehat dapat menutup seluruh bagian mata dengan sempurna dan dapat membuka dengan mudah. Adanya gangguan saraf akibat stroke atau kelainan Bell’s palsy dapat membuat kelopak mata sulit ditutup. Sebaliknya, kelainan autoimun seperti myasthenia gravis atau adanya gangguan saraf yang menyebabkan otot sekitar mata terus-menerus berkontraksi membuat kelopak mata sulit dibuka.

2. Bulu mata teratur dan mengarah keluar

Bulu mata yang normal memiliki pertumbuhan ke arah luar. Jika tumbuh ke arah sebaliknya atau disebut trikiasis, dapat menandakan adanya berbagai kelainan mata. Bulu mata yang tumbuh ke arah dalam akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan iritasi pada kornea.

3. Kornea atau selaput bening benar-benar jernih

Kornea yang normal akan tampak jernih dan rata. Luka atau infeksi pada kornea akan menyebabkan mata terasa pedih dan penglihatan tampak buram. Sedangkan permukaan kornea yang tidak rata dapat menyebabkan objek yang dilihat tampak berbayang.

 

6. Mata tidak merah

Jika ada kemerahan, dapat menunjukkan adanya infeksi, iritasi, alergi, atau perdarahan.

7. Kelopak mata tidak bengkak

Selain dapat menutup dan membuka mata dengan baik, kelopak mata yang sehat tidak tampak bengkak.

8. Mata tidak tampak menonjol

Mata yang normal tidak tampak melotot atau menonjol. Bila ada, kondisi yang disebut dengan proptosis ini umumnya disebabkan oleh penyakit Graves akibat kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

9. Mengeluarkan air mata

Mata dilengkapi dengan kelenjar air mata dan kelenjar minyak yang membuatnya tetap lembap dan tidak mudah iritasi. Gangguan pada kedua kelenjar ini dapat menyebabkan mata kering dan terasa perih.

10. Kedipan mata

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mata yang sehat berkedip sebanyak 10-15 kali setiap menit. Kedipan yang normal berlangsung cepat, kurang lebih 1/3 detik atau 300-400 milidetik.

 

#Changemaker

Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal 7 Masalah Mata yang Disebabkan oleh Pandemi
Artikel Selanjutnya
Ceroboh, Perempuan Ini Nyaris Buta setelah Meneteskan Lem Kuku ke Matanya