Sukses

Lifestyle

Siasat Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Anti Boros-Boros Klub

Fimela.com, Jakarta Work from home untuk memutus penyebaran Covid-19 masih belum berakhir. Beberapa daerah juga mulai menerapkan PSBB untuk membatasi pergerakan warganya. Di masa seperti sekarang, mengatur keuangan penting banget dilakukan karena masa depan belum tergambarkan akan jadi apa nantinya. Masih terus bekerja, gaji dipotong setengah, atau bahkan mungkin harus mencari pekerjaan lain? Mulailah untuk mengatur kembali pengeluaran. Biar belanja kebutuhan rumah tangga anti boros-boros klub, beberapa siasat berikut bisa dicoba.

 

Batasi Nominal Pengeluaran Harian

Walau banyak menghabiskan waktu di rumah, tak sedikit yang merasa keuangan rumah tangga justru jadi morat-marit. Memang sih nggak perlu keluar dana buat transportasi atau makan siang di kantor, tapi banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan bikin pengeluaran jadi membengkak. Mulai dari membeli masker kain, hand sanitizer, vitamin hingga belanja online yang makin sulit untuk direm.

Untuk menjaga keuangan tetap stabil, coba batasi nominal pengeluaran harian. Misalnya, kalau biasanya belanja sehari bisa mencapai Rp50 ribu, lakukan penghematan dengan mengeluarkan uang maksimal Rp20 ribu saja. Biasakan juga untuk mencatat pemakaian uang setiap harinya, terutama untuk hal-hal sepele yang seringkali diabaikan, mulai dari kebutuhan untuk jajan hingga pulsa untuk membeli paket internet.

Pilih Bahan Pokok yang Bisa Digunakan Dalam Jangka Waktu Lama

Awal masa karantina, banyak yang terjebak dalam panic buying dan memborong banyak barang. Niatnya sih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk beberapa waktu ke depan. Tapi nyatanya, justru menghabiskan banyak uang untuk barang-barang yang sebenarnya tak tahan lama. Rugi dobel, dong!

Nah, sebaiknya prioritaskan membeli bahan pokok yang dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Mulai dari beras, biji-bijian, kacang-kacangan, makanan kaleng atau aneka ragam frozen food, tentunya dengan memperhatikan masa kadaluwarsa yang masih panjang.

Jika Bisa Bikin Sendiri, Kurangi Beli Makanan Jadi

Banyak menghabiskan waktu di rumah seringkali bikin kamu gampang lapar. Inginnya jajan mulu, apalagi kini memesan makanan semudah memainkan ujung jari di layar ponsel. Mau makan berat atau sekadar jajan dan menikmati es kopi favorit pun bisa dilakukan dari rumah. tapi kebiasaan baru ini bikin uang belanja jadi cepat menipis.

Yuk, stop dan sebisa mungkin kurangi membeli makanan jadi. Selain lebih sehat bagi tubuh, keuangan pun bisa diamankan. Siasati keterbatasan waktu untuk memasak dengan melakukan food preparation usai berbelanja, membuat stok bumbu masak, hingga membuat menu makanan seminggu ke depan.

Selama di rumah aja, belanja berbagai kebutuhan rumah tangga juga semakin gampang kok dengan kehadiran TheLorry Grocer. Ini dia cara baru #BelanjaGakRibet berbagai kebutuhan sehari-hari tanpa perlu keluar rumah. Cara menggunakannya gampang, tinggal pilih menu Grocery Delivery pada website atau mobile web. Biaya pengirimannya juga terjangkau kok, yaitu mulai Rp 15 ribu saja pada 5 km pertama dengan biaya pemesanan Rp 4 ribu.

Untuk menggunakan layanan TheLorry Grocer, ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib kamu tahu nih. Misalnya jumlah belanjaan maksimal 25 macam. Selain itu, barang yang dipesan adalah bahan makanan atau kebutuhan rumah tangga. Jam operasional TheLorry Grocer mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB. Untuk metode pembayaran, kamu bisa memilih COD, pembayaran online, atau menggunakan GoPay. Gunakan kode voucher BELANJAGAKRIBET buat mendapatkan penawaran menariknya ya!

Buat Pemasukan Tambahan

Selain mengandalkan gaji bulanan, nggak ada salahnya mencari penghasilan tambahan dengan melakukan bisnis atau pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan dari rumah. gunakan kemampuan dan waktu luangmu, misalnya berjualan online, membuat masker kain, membuat kue kering, hingga mengambil pekerjaan freelance.

Salah satu peluang pekerjaan sampingan yang bisa dicoba adalah mendaftar sebagai mitra TheLorry Grocer, sehingga bisa menambah pemasukan juga selama di rumah aja. Dengan membayar biaya pendaftaran sebagai mitra TheLorry Grocer, kamu bisa bergabung mendapatkan penghasilan tambahan dengan klik di sini. Untuk sementara, TheLorry Grocer hanya terbatas pada area Jakarta saja.

Nah, itu tadi siasat belanja kebutuhan rumah tangga anti boros-boros klub yang bisa kamu coba. Selamat mengamankan keuanganmu ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading