Sukses

Lifestyle

5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Ketika Tidak Bisa Mudik Lebaran

Fimela.com, Jakarta Tidak terasa sudah hampir genap satu bulan kita menjalani puasa dan sebentar lagi umat muslim akan merayakan lebaran. Sayangnya, bulan suci kali ini harus kita lewati dengan berada di rumah karena pandemi COVID-19.

Physical distancing membuat masyarakat untuk menetap di rumah saja, yang artinya segala kegiatan di bulan suci, seperti beribadah di masjid, buka puasa bersama teman, dan lainnya harus ditiadakan sementara. Bahkan, budaya mudik di Indonesia juga harus ditunda dulu untuk memastikan penyebaran COVID-19 tidak meluas.

Tentu, hal ini berbeda dengan tradisi tiap tahun yang penuh dengan suka cita bersama orang tersayang. Walau begitu, physical distancing dapat dimanfaatkan untuk lebih dekat dengan anggota keluarga, lho!

Berikut beberapa kegiatan positif dan bermanfaat yang dapat dilakukan untuk mengisi minggu terakhir di bulan Ramadan dan libur lebaran bersama keluarga, dilansir dari FWD Life.

1. Membuat kartu aktivitas bulan Ramadan

Selama ini mungkin hanya anak-anak yang mendapatkan tugas untuk mencatat seluruh kegiatan beribadahnya dari sekolah. Aktivitas positif ini bisa diadaptasi bersama keluarga dengan tujuan untuk menciptakan rangkaian ibadah yang lebih teratur. Siapkan karton atau kertas HVS berwarna, lalu buat bentuk to-do list ibadah selama Bulan Ramadan per harinya yang terdiri dari ibadah puasa, solat lima waktu, membaca Alquran, dan yang lainnya.

2. Membuat daftar menu masakan lebaran

Agar memudahkan untuk menyiapkan masakan lebaran untuk keluarga, catat berbagai resep masakan favorit keluarga dan atur menu tersebut agar masakan yang disajikan tidak terkesan monoton untuk Hari Raya Idul Fitri. Libatkan juga anggota keluargamu untuk mengatur daftar menu sehingga keinginan tiap orang terpenuhi. Tidak hanya menuliskan daftar makanan, Kamu bisa melibatkan seluruh anggota keluarga untuk memasak bersama dan berkreasi di dapur.

3. Membersihkan Rumah

Memiliki rumah yang bersih akan menimbulkan rasa tenang dan nyaman, walaupun mungkin tahun ini tidak ada acara berkunjung untuk silaturahmi. Kamu bisa berbagi tugas dengan seluruh keluarga dalam melakukan aktivitas ini dengan membuat daftar pekerjaan bagi seluruh anggota keluarga. Aktivitas ini juga dapat mengurangi virus di rumahmu. Selain itu, Kamu juga dapat mengganti tata letak perabotan rumah untuk mengganti suasana rumahmu agar memiliki suasana baru dan tidak membosankan.

4. Mengenal dan bersilaturahmi dengan anggota keluarga

Setelah selama ini sibuk dengan kesibukan masing-masing di luar rumah, momen ini dapat Kamu jadikan untuk mengenal anggota keluarga secara lebih dalam. Jauhkan semua gadget anggota keluarga dan mulailah melakukan sesi komunikasi yang lebih intens. Tanyakan kabar dan perasaan tiap anggota keluarga secara bergiliran dengan membuat sesi semenarik mungkin. Kamu bisa menyelipkan berbagai mini games, seperti membuat pertanyaan-pertanyaan di kartu rahasia yang telah disembunyikan di seluruh rumah. Selain itu, gunakan momen Idul Fitri ini untuk bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh menggunakan fitur video call.

5. Ikuti online workshop

Sekarang ini terdapat begitu banyak sarana kelas daring yang dibuat oleh berbagai pihak yang dapat kamu akses lewat aplikasi maupun lewat website. Kelas online memiliki berbagai pilihan, mulai dari kelas pelatihan penulisan, kelas melukis, kelas kepemimpinan, bahkan kamu dapat mengikuti kelas kajian agama melalui berbagai macam platform yang tersedia di internet. Ini bisa jadi salah satu cara Kamu untuk memperkaya wawasan bersama keluarga.

6. Berolahraga

Olahraga juga dapat kamu lakukan di bulan puasa, lho! Sambil menunggu waktu berbuka, aktivitas fisik ringan, seperti rangkaian stretching atau work out dalam ruangan dapat Kamu lakukan. Ada berbagai aplikasi yang dapat kamu unduh atau video di YouTube yang dapat menjadi referensi dalam melakukan gerakan olahraga bersama keluarga.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading