Sukses

Lifestyle

Bandung Jadi Kota Paling Taat PSBB Selama Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar berlaku di sejumlah wilayah di Indonesia untuk menekan angka penyebaran virus corona. Selama masa PSBB tersebut, masyarakat dihimbau untuk tidak bepergian keluar daerah agar penyebaran tidak semakin meluas.

Meski diberlakukan kebijakan PSBB, tidak semua orang bisa menaati peraturan tersebut. Namun, kota Bandung, Jawa Barat ditetapkan sebagai kota paling taat yang menerapkan PSBB.

Penetapan kota Bandung sebagai kota yang paling taat PSBB berdasarkan data yang dihimpun oleh penyedia aplikasi navigasi perjalanan, Waze. Menurutnya, aktivitas mengemudi di kota Bandung mengalami penurunan hingga 82 persen sejak diberlakukannya PSBB.

Sementara, kota lain mengalami penurunan yang lebih rendah dari kota Bandung. Seperti misalnya kota Jakarta yang mengalami penurunan 76 persen, kota Surabaya mengalami penurunan 74 persen, dan Bekasi 68 persen.

 

Mengalami penurunan lalu lintas secara global

Tangerang Selatan menjadi wilayah yang mengalami penurunan aktivitas mengemudi terendah sejak diberlakukannya PSBB. Hanya 47 persen lebih sedikit dibanding kota lainnya.

Untuk mengukur dampak PSBB terhadap lalu lintas, Waze mengumpulkan data tentang jumlah mil/kilometer yang ditempuh sebagai pengganti metrik jumlah pengguna aktif yang biasa digunakan.

Secara global, aktivitas mengemudi menurun 60 persen kilometer. Sejalan dengan tren global, PSBB di Indonesia pun mengalami penurunan sekitar 66 persen kilometer.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Faktor Penyebab Jumlah Korban Terinfeksi Virus Corona di Indonesia Terus Meningkat
Artikel Selanjutnya
Resep Olahan Buah Naga, Cocok untuk Menu Buka Puasa