Sukses

Lifestyle

Tips Mengatur Keuangan Saat Lebaran, Agar Tidak Boros

Fimela.com, Jakarta Saat menjelang lebaran atau setelah lebaran tiba, biasanya akan mengeluarkan uang lebih banyak, karena banyak sekali keperluan lebaran yang tidak terduga. Agar tidak terjadi pengeluaran yang terduga, dan keuangan tidak boros, Sahabat Fimela harus pintar mengatur uang saat lebaran.

Biasanya uang akan cepat habis saat lebaran, karena membeli perlengkapan lebaran seperti pakaian, hantaran lebaran dan membeli bahan-bahan masakan.

Berikut tips mengatur uang saat lebaran, agar tidak boros, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Belanja Sesuai Kebutuhan

Tips mengatur uang saat lebaran yang pertama, bisa dilakukan dengan belanja kebutuhan lebaran sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini bisa membantu menjaga keuangan agar tidak boros. Walaupun pada saat menjelang lebaran, banyak sekali toko online maupun offline, yang menjual dagangan dengan potongan harga yang sangat besar.

Sahabat Fimela harus bisa menahan diri, agar tidak membeli barang-barang diskon, yang tidak termasuk barang yang dibutuhkan saat lebaran. Sebelum pergi berbelanja, buatlah daftar belanja, agar tidak belanja barang diluar kebutuhan lebaran.

Batasi Menggunakan Kartu Kredit

Tips mengatur keuangan saat lebaran, bisa dilakukan dengan cara tidak menggunakan kartu kredit secara berlebihan. Karena hal ini bisa membuat pengeluaran menjadi boros. Kartu kredit adalah alat pembayaran yang memiliki banyak fungsi. Namun terlalu sering menggunakan kartu kredit apalagi jika dilakuakn secara berlebihan, bisa merusak keuangan.

Saat menggunakan kartu kredit terlalu sering, pada bulan berikutnya, Sahabat Fimela akan mengeluarkan uang untuk membayar tagihan. Agar tidak boros saat lebaran, batasi penggunaan kartu kredit dan gunakan kartu kredit kurang lebih sebesar 30% dari pendapatan. Jika lebih dari itu maka pendapatan akan berkurang dan tidak bisa ditabung.

Gunakan THR dengan Bijak

Tips mengatur keuangan yang berikutnya, bisa dilakukan dengan menggunakan uang THR atau uang tunjangan hari raya dengan bijak, agar tidak terlalu boros. Jika mendapatkan THR dari kantor, lebih baik jangan langsung digunakan untuk membelanjakan sesuatu, karena uang THR bisa terbuang secara percuma.

Gunakanlah uang THR untuk berbagi terhadap sesama, atau gunakanlah uang THR untuk membayar zakat, kemudian tabunglah uang THR yang masih tersisa.

Sisihkan Uang untuk Dana Darurat

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan agar tidak boros saat lebaran, sisihkan uang terlebih dahulu, untuk ditabung sebagai dana darurat. Menyisihkan uang untuk ditabung sebagai dana darurat, bisa dilakukan dari menjelang lebaran, hingga setelah lebaran tiba.

Tips yang satu ini bisa dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang tak terduga, yang bisa terjadi saat sebelum lebaran, dan sesudah lebaran. Jika  tidak menyisihkan uang untuk dana darurat sejak dini, maka pengeluaran akan membengkak, dan bisa menyebabkan hutang.

Catat Pengeluaran

Tips mengatur keuangan pada saat lebaran, bisa dilakukan dengan mencatat pengeluaran yang dilakukan selama lebaran, untuk mencegah boros. Catat di buku keuangan, dengan menuliskan pendapatan sebulan sebelum lebaran, serta menuliskan jumlah THR yang didapat.

Setelah itu, tulislah pengeluaran-pengeluaran keuangan, yang dilakukan dari sebelum lebaran hingga seterusnya. Rajin mencatat pendapatan dan pengeluaran keuangan, bisa membantumu mengatur keuangan, baik saat lebaran maupun setelah lebaran.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading