Sukses

Lifestyle

5 Bahaya Kesehatan Akibat Mengonsumsi Mie Secara Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Mie memang makanan yang sangat digemari banyak orang karena rasanya tidak pernah mengecewakan. Selan itu, memasak mie juga sangat cepat dan mudah sehingga makanan instan ini selalu jadi menu andalan buat mereka yang tidak punya banyak waktu untuk memasak. Mie juga kini mengalami perkembangan rasa, bahkan kini rasa makanan khas tiap daerah bisa kamu nikmati hanya dengan mengonsumsi mie.

Bahkan kini ditengah pandemi, mie seolah menjadi sembako wajib yang harus ada, mengalahkan makanan pokok lainnya. Padahal terlalu banyak mengonsumsi mie juga tidak baik untuk kesehatan. Walaupun rasanya sangat menggiurkan tetapi jika kamu menjadikannya menu setiap hari, mie bisa menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh.

Sebenarnya perdebatan mengenai mie instan sudah ada sejak lama, pro kontra terkait mie instan adalah makanan yang layak dikonsumsi atau tidak sudah menjadi bahasan lama. Mie merupakan makanan yang bisa kamu konsumsi namun, tidak untuk dijadikan makanan pokok sehari-hari. Batasi konsumsinya hanya untuk makanan darurat atau makanan yang sesekali kamu makan ketika bosan dengan nasi.

Nah, biar semakin lebih jelas, kamu bisa melihat ulasan berikut ini agar wawasanmu tentang bahaya mie jadi lebih luas. Fimela.com kali ini akan membahas 5 bahaya kesehatan akibat mengonsumsi mie secara berlebihan. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

 

Menyebabkan Obesitas

Bahaya kesehatan akibat mengonsumsi mie instan secara berlebihan yang pertama ialah dapat menyebabkan obesitas. Sudah menjadi rahasia umum bahwa terlalu banyak memakan mie instan bisa menaikkan berat bedan dan akibat yang paling parah adaah mengaami obesitas.

Memang pada saat memakan mie instan, pasti kamu akan langsung merasa kenyang, namun tidak lama kemudian, kamu akan merasa lapar kembali. Akhirnya kamu cenderung akan makan lagi dan apabila kebiasaan ini terus terjadi maka, bukan tidak mungkin berat badanmu akan naik dan membengkak.

Mie instan memiliki kalori dan karbohidrat yang tinggi. Oleh karenanya disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan apalagi sampai menyandingkannya dengan nasi, tentu saja kebiasaan tidak sehat ini akan membuat kelebihan kalori dan karbohidrat sehingga dapat memicu obesitas.

Penyerapan Nutrisi dalam Tubuh Menjadi Terhambat

Kedua, bahaya mengonsumsi mie instan secara berlebihan adalah dapat menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Terutama bahaya yang ini rawan terjadi pada anak-anak. Maka dari itu sebaiknya anak-anak mulai diajarkan agar tidak sering mengonsumsi mie instan.

Mie instan dapat menyebabkan penyerapan nutrisi dalam tubuh terhambat serta mengganggu proses metabolisme tubuh karena didalam satu bungkus mie instan terdapat zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet, dan aditif. Semua zat berbahaya tersebut tidak baik larut ke dalam tubuh, apalagi tubuh anak-anak.

Salah satu trik agar anak dapat membatasi konsumsi mie adalah berkreasi dengan makanan sehat seperti sayur-sayuran. Ada banyak resep bento yang bisa jadi pilihan bagi orangtua untuk menyediakan makanan sehat yang menarik untuk anak.

Menyebabkan Risiko Kanker

Selanjutnya, bahaya mengonsumsi mie secara berlebihan adalah dapat memicu kanker dalam tubuh. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat mengganggu kadar gula darah dan pelepasan insulin.

Selain itu, mie yang dicerna lama didalam tubuh mengakibatkan zat-zat beracun yang sudah disinggung sebelumnya akan dipertahankan oleh tubuh dan sering mengarah pada paparan berlebihan dari Butylated hydroxyanisole (BHA) dan t-butylhydroquinone (TBHQ).

TBHQ dan BHA sendiri merupakan zat yang biasa digunakan dalam produk mie instan agar mie instan dapat tahan lama. Jadi kamu bisa bayangkan jika kedua zat tersebut masuk kedalam tubuh pasti akan menyebabkan gangguan. Ditambah lagi zat tersebut bersifat karsinogenik sehingga dapat memicu kanker, bahkan dapat menyebabkan asma, kecemasan dan diare jika dikonsumsi terlalu sering.

Kerusakan Jaringan Otak

Keempat, bahaya mengonsumsi mie secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak. Jika kamu masih ingat, satu bungkus mie saja sudah mengandung banyak zat kimia berbahaya. Zat berbahaya tersebut menumpuk dalam tubuh dan berpotensi merusak sel-sel jaringan otak.

Kerusakkan jaringan otak akibat zat kimia berbahaya dalam tubuh ditandai dengan penurunan transmisi sinyal dalam otak. Selain itu, apabila kerusakan jaringan sel otak ini benar terjadi maka, akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

Mengganggu Jadwal Menstruasi

Terakhir, bahaya kesehatan akibat mengonsumsi mie secara berlebihan adalah dapat mengganggu jadwal menstruasi perempuan. Hal ini karena sodium yang terkanding pada mie instan mengganggu hormon, sehingga menyebabkan jadwal bulanan perempuan menjadi terganggu atau tidak teratur.

Selain mengganggu jadwal menstruasi, juga bisa mengakibatkan munculnya jerawat di wajah karena hormon menjadi tidak seimbang.  Maka dari itu, hindari mengonsumsi mie secara berlebihan, daripada  mie lebih baik belajar memakan sayur dan buah-buahan yang jelas lebih sehat untuk tubuh.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Update Virus Corona 23 Mei 2020: Kasus Positif Corona di Indonesia Kini Menjadi 21.745
Artikel Selanjutnya
Tips Mengatur Keuangan Saat Lebaran, Agar Tidak Boros