Sukses

Lifestyle

Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Fimela.com, Jakarta Banyak pasangan saat ini yang tampaknya tidak dapat bertahan hidup lebih layak karena keterampilan manajemen keuangan yang buruk. Beberapa pasangan tetap dengan cara mereka sendiri mengelola uang, yang mungkin cocok atau tidak sesuai dengan cara pasangan mereka. Pengelolaan keuangan sebenarnya bisa menjadi cara yang bermanfaat untuk menjalin ikatan dengan orang yang dicintai. Berikut ini adalah cara untuk memastikan dirimu berada di jalur yang benar untuk mengelola keuangan bersama pasangan dengan baik.

Mulailah Berbicara Masalah Keuangan

Sebaiknya lakukan ini sebelum menikah, tetapi jika belum, diskusikan keuangan dengan pasangan sesegera mungkin. Sahabat Fimela harus memeriksa apakah ada hutang yang mungkin harus segera diselesaikan. Carilah cara untuk mengelola keuangan dengan baik bersama dengan pasangan.

Buatlah Dana Darurat

Jika dirimu belum memiliki dana darurat, pertimbangkan untuk menjadikan ini prioritas utama. Sebuah dana darurat adalah uang yang disihkan dalam kasus sesuatu yang mahal terjadi tiba-tiba, seperti kehilangan pekerjaan, keluarga sakit, bencana alam, atau perbaikan rumah utama. Membangun dana darurat harus menjadi prioritas karena akan membawa keamanan finansial dan melindungi hubungannmu jika terjadi bencana. Uang ini harus disimpan di tempat yang mudah diakses.

Buat Anggaran

Mulailah dengan meninjau pengeluaran bersama pasangan selama beberapa bulan terakhir untuk menentukan berapa banyak yang telah dibelanjakan dan mungkin perlu untuk menurunkan jumlah itu. Jangan lupa untuk mengalokasikan pengeluaran tak terduga atau teratur seperti perawatan mobil rutin atau ke dokter. Sahabat Fimela mungkin akan melakukan penyesuaian terutama selama beberapa bulan pertama.

Lacak Anggaran

Tidak cukup hanya membuat anggaran. Sahabat Fimela perlu memastikan bahwa tetap dalam alokasi pengeluaran dan menyesuaikan sesuai situasi perubahan pengeluaran atau pendapatan. Salah satu cara yang efektif untuk mempertahankan anggaran adalah dengan sistem penganggaran amplop. Ini sangat cocok untuk pasangan muda yang biasanya memiliki pendapatan lebih rendah dan harus berhati-hati untuk tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

Agendakan Pertemuan Mingguan

Selama pertemuan mingguan ini, bahas bagaiaman anggaran untuk bulan itu, jika memiliki tagihan yang akan datang untuk membayarnya. Pertemuan ini bagus karena dapat memperkuat komunikasi dalam pernikahan serta meningkatkan kepercayaan.

Keluar dari Hutang

Hutang dapat marusak satu orang, tetapi itu merupakan ancaman ganda ketika Sahabat Fimela menikah, karena dua orang bertanggung jawab untuk mengembalikan uang tersebut. Mulailah pernikahan segera dengan melunasi hutang dan jangan berhutang kembali. Buat recana dengan pasangan untuk keluar dan menghindari hutang.

Pernikahan dan uang bisa menjadi rumit, tetapi hal terbaik dapat dilakukan adalah bersikap terbuka dan jujur. Mulailah dengan langkah yang benar dengan berbicara tentang manajemen keuangan dan buat rencana yang baik untuk urusan anggaran, pengeluaran dan investasi.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading