Sukses

Lifestyle

Mengenal Peneliti Perempuan Indonesia yang Berkontribusi untuk Penanganan Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Sejak tahun 2004, program L’Oréal-UNESCO For Women in Science dijalankan di Indonesia atas kerjasama yang didukung oleh Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (KNIU Kemdikbud). Setiap tahunnya program L'Oréal-UNESCO FWIS Nasional menghargai perempuan Indonesia yang telah memberikan kontribusi yang signifikan kepada ilmu pengetahuan.

Program ini mengakui, menyemangati, dan mendukung peneliti muda berbakat Indonesia yang mendedikasikan karir mereka untuk mengembangkan inovasi ilmiah dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan kemajuan masyarakat di seluruh Indonesia.

Dari awal, program ini telah diakui oleh berbagai kementerian di Indonesia pada potensi dan kemampuan yang tinggi untuk mendukung perempuan Indonesia di bidang ilmu pengetahuan dan penelitian. Tiga kementerian Indonesia: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Kementerian Riset dan Teknologi telah memberikan pengakuan berharga dan dukungan mereka yang sangat penting bagi keberhasilan program.

Program L'Oréal-UNESCO FWIS Nasional mendukung para pemikir yang cemerlang dan inovatif yang diperlukan untuk menghadapi masalah penting yang dihadapi bangsa ini. Setiap tahun, empat peneliti  muda Indonesia yang terdiri dari 2 pemenang di bidang Material Sciences dan 2 pemenang di bidang Life Sciences diberikan beasiswa untuk menjalankan penelitian mereka.

 

Deretan peneliti perempuan L’Oréal-UNESCO For Women in Science

Hingga tahun 2019, sebanyak 57 orang ilmuwan perempuan muda Indonesia telah menerima Award ini. Setidaknya 15 L'Oréal-UNESCO FWIS Awardee turut peduli dan berkontribusi dalam riset yang bermanfaat terkait pandemi Covid-19 berdasarkan bidangnya masing–masing. 10 diantaranya bergabung bersama Indonesia Young Scientists Forum (IYSF), kumpulan peneliti yang memberikan rekomendasi sehubungan dengan penanganan virus corona Covid-19 kepada pemerintah dari berbagai bidang serta bekerjasama dengan berbagai institusi.

 

L’Oréal-UNESCO For Women in Science 2020

L’Oréal-UNESCO For Women in Science national fellowship hadir kembali pada tahun 2020 dan akan memberikan penghargaan kepada dua perempuan peneliti senilai 100,000,000 rupiah. Merespon dengan kondisi saat ini, proposal penelitian seputar pandemi secara umum atau Covid-19 pada khususnya, termasuk juga hal-hal yang berkaitan dengan dampak pandemi menjadi prioritas dalam penganugerahan tahun ini.

#changemaker

;
Loading