Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengatasi Rasa Bosan selama Beraktivitas di Rumah Saja

Fimela.com, Jakarta Punya kisah atau kesan tak terlupakan terkait bulan Ramadan? Atau mungkin punya harapan khusus di bulan Ramadan? Bulan Ramadan memang bulan yang istimewa. Masing-masing dari kita pun punya kisah atau pengalaman tak terlupakan yang berkaitan dengan bulan ini. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam My Ramadan Story: Berbagi Kisah di Bulan yang Suci ini.

***

Oleh: Fina Puspita Putri

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah, di mana pada bulan ini tentunya banyak sekali keistimewaan dan keutamaan Ramdhan. Namun, bulan ramdahan kali ini agak berbeda pasalnya semua umat muslim di dunia sedang mengalami masalah kesehatan yaitu sebuah pandemi Corona Virus atau Covid-19.

Covid-19 ini pertama kali muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember 2019 dan muncul di Indonesia tanggal 2 Maret 2020. Maka dari itu saat ini warga Indonesia sedang dilanda rasa bosan karena sudah lebih dari 2 bulan kita hanya berdiam diri dirumah. Dengan adanya virus tersebut mengakibatkan kegiatan sehari-hari pada bulan Ramadan ini harus dibatasi seperti sekolah, bekerja, buka bersama, sahur on the road, salat tarawih, tadarus di masjid, ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Pandemi Covid-19 ini menguji kapasitas kita sebagai manusia. Menyebarnya virus ini amat sangat cepat, sudah ratusan ribu orang terinfeksi. Ketika kita mendapatkan berbagai ujian sudah seharusnya kita selaku umat muslim, jangan sampai membuat kualitas ibadah kita semakin menurun, tentunya kita tidak menginginkkan hal tersbut terjadi kepada kita bukan? Maka dari itu, supaya kualitas ibadah kita tidak menurun dan tidak mudah di serang rasa bosan karena terlalu lama berdiam diri di rumah, saya akan berikan beberapa tips pengalaman dari saya untuk menghindari hal tersebut.

 

Mengatasi Rasa Bosan

Pertama adalah niat, niat merupakan hal yang paling penting karena sebuah niat tersebut adalah bibit untuk memunculkan hal yang kita inginkan agar terjadi. Kedua produktif, produktif merupakan melakukan kegiatan yang bermanfaat meskipun kita didalam rumah misalnya seperti menulis, membaca buku, membaca al-quran, membersihkan rumah dan masih banyak lagi. FYI, saya sudah selesai membaca 5 buku dalam 1 bulan ini.

Ketiga lakukan bersama keluarga, kegiatan di atas dapat kita lakukan bersama-sama dengan keluarga kita misalnya seperti membersihkan rumah, berolahraga bersama, menyelesaikan bacaan quran dan lain-lain. Keempat berdamai dengan keadaan, dengan keadaan yang seperti ini tentunya kita merasa bosan maka dari itu kita harus bisa berdamai dengan keaadaan tersebut yaitu dengan cara bersabar dan terus memohon kepada Tuhan agar keaadaan dapat kembali seperti semula.

Itu empat tips yang saya lakukan agar tidak mudah diserang rasa bosan di masa pandemi ini. Semoga bermanfaat dan semoga Indonesia segera pulih dari pandemi Covid-19. Terima kasih.

 

#ChangeMaker

;
Loading