Sukses

Lifestyle

Jokowi Optimis Indonesia Menang COVID-19 di Upacara Hari Pancasila Virtual

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan upacara peringatan Hari Pancasila secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin (01/6/2020). Dimulai pada pukul 08.00 WIB, Jokowi mengenakan jas biru dan peci hitam ketika menghadiri upacara tersebut.

Upacara ini hanya diikuti oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, menteri Kabinet Kerja, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, hingga Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri.

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Pancasila, dan Naskah UUD 1945, Jokowi memberikan optimismenya pada perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan COVID-19.

"Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat," kata Jokowi di awal pidatonya.

 

Mengajak seluruh lapisan masyarakat bersatu

Jokowi mengimbau agar Pancasila harus selalu menjadi nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Seluruh penyelenggara negara pun diharapkan agar dapat membantu masyarakat yang kesulitan tanpa memandang kelompok, ras, dan agama.

Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu menghadapi pandemi COVID-19 dengan semangat persaudaraan dan gotong royong. Jokowi pun menyebut bahwa lebih dari 200 negara sedang mengalami kondisi kesulitan akibat pandemi virus Corona.

Sehingga semua negara seakan berlomba untuk menjadi pemenang pengendalian virus sekaligus pemulihan ekonomi. Untuk itu, masyarakat diminta untuk tetap optimis dengan menciptakan peluang di tengah pandemi hingga menghadirkan inovasi dan karya nyata.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading