Sukses

Lifestyle

Hadapi New Normal, Instagram Gelar Pelatihan Gratis untuk UMKM di Jawa Tengah

Fimela.com, Jakarta Memasuki masa New Normal, penting sekali untuk memerhatikan pertumbuhan ekonomi bisnis, khususnya dalam skala yang lebih kecil. Seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM, misalnya. Untuk itu, Instagram bersama Kreavi kembali menghadirkan program pelatihan bisnis Akademi Instagram. 

Kali ini, Instagram dan Kreavi bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menggelar acara 'Akademi Instagram #BicaraBisnis bersama Ganjar Pranowo.' Pelatihan ini berangkat dari masalah virus Corona yang berdampak pada 163.713 UMKM dan 1.785 koperasi di Indonesia. COVID-19 tentu saja berdampak pada penurunan permintaan secara signifikan sehingga perekonomian industri UMKM tidak bisa berjalan seperti biasanya. 

Untuk itu, dalam pelatihan tersebut, peserta akan mempelajari tips dan trik bisnis praktis langsung dari beberapa pelaku UMKM yang bisa segera diimplementasikan oleh para pelaku UMKM lainnya di Jawa Tengah. Kamu akan belajar bersama Rowland Asfales (Instapreneur - salah satu lulusan terbaik Akademi Instagram dan founder @pijakbumi), Widya Sesarika (founder @steddystore) dan Merryo Setyawan (founder @joie.patiserrie).

 

 

Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbisnis

Pelatihan ini, menurut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan masyarakat Jawa tengah, khususnya pelaku UMKM agar lebih siap menghadapi situasi normal baru. Menurutnya, penting sekali untuk meningkatkan keterampilan bisnis digital bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah. 

“Pemerintah Indonesia tengah menyusun skema penerapan situasi normal baru di beberapa wilayah Indonesia sebagai salah satu upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi. Di Jawa Tengah sendiri, kami juga terus berusaha menyosialisasikan dan mempersiapkan masyarakat Jawa Tengah agar mereka bisa lebih siap menghadapi situasi normal baru. Oleh karena itu, kami menyambut positif penyelenggaraan program Akademi Instagram #BicaraBisnis ini yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bisnis digital para pelaku UMKM di Jawa Tengah. Kami harap program ini dapat membantu mereka menyiapkan strategi bisnis yang lebih efektif untuk kembali bangkit dalam menghadapi situasi normal baru," katanya

Sementara itu, Country Director untuk the Facebook Company di Indonesia, Pieter Lydian mengatakan UMKM selalu menjadi bagian penting bagi Instagram. Pihaknya berharap, pelatihan ini bisa membantu para pelaku UMKM mengasah keterampilan untuk menghadapi situasi new normal. 

“UMKM selalu menjadi bagian penting bagi Instagram. Oleh karena itu, kami senantiasa mengembangkan berbagai fitur dan inisiatif baru yang bertujuan untuk membantu mereka mengembangkan bisnis. Akademi Instagram #BicaraBisnis merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam mencapai hal tersebut. Bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan mitra kreatif kami, Kreavi, kami berharap kegiatan ini dapat membantu membekali para pelaku UMKM dengan tips dan trik bisnis praktis seputar cara memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram untuk beradaptasi dan mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi normal baru akibat pandemi COVID-19. Kami berharap melalui kegiatan ini, semakin banyak UMKM yang terinspirasi untuk memulai bisnis di Instagram, dan memaksimalkan penggunaan Instagram untuk mengembangkan bisnis mereka," katanya. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading