Sukses

Lifestyle

Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Agar Tidak Mudah Sakit

Fimela.com, Jakarta Tubuh harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik, agar tubuh selalu sehat, dan tidak mudah terserang penyakit. Paru-paru adalah organ tubuh yang wajib dijaga kesehatannya. Karena paru-paru merupakan organ vital, yang berfungsi untuk sistem pernafasan.

Paru-paru juga memiliki peran untuk melindungi jantung, agar jantung tidak mudah terserang penyakit, seperti infeksi jantung. Paru-paru berperan untuk membantu mengolah udara yang didapatkan tubuh saat bernafas, untuk dijadikan sebagai oksigen, yang akan mengalir di seluruh tubuh manusia. 

Berikut cara menjaga kesehatan paru-paru, agar tidak mudah sakit, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

Rajin Minum Air Putih

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang pertama, agar tidak mudah sakit, rajinlah mengonsumsi air putih. Mengonsumsi air putih bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru, karena air putih bisa membantu melarutkan zat beracun di dalam tubuh, dan membantu melindungi paru-paru.

Selain membantu menjaga kesehatan paru-paru, rutin mengonsumsi air putih, bisa membuat organ vital di dalam tubuh menjadi lebih sehat. Untuk itu jangan lupa mengonsumsi air putih, minimal 8 gelas sehari, agar tubuh selalu terhidrasi.

Mengonsumsi Makanan Tinggi Antioksidan

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang kedua, agar tidak mudah sakit, kamu harus mengonsumsi makanan yang tinggi oksidan. Makanan yang mengandung antioksidan, bisa membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, agar sel-sel di dalam tubuh tidak rusak.

Radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh, karena bisa menyebabkan kanker, dan membuat tubuh mudah terserang virus. Makanan yang tinggi antioksidan, mudah ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan dan buah-buahan.

Rajin Melakukan Olahraga

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang ketiga, agar tidak mudah sakit, yaitu dengan rajin berolahraga. Rajin melakukan olahraga, bisa membuat tubuh lebih sehat, dan juga menyehatkan kondisi mental.

Berolahraga juga bisa membantu melatih pernapasan, sehingga paru-paru akan lebih sehat, dan mencegah penyakit jantung. Lakukan olahraga setiap hari, dengan durasi 25 hingga 30 menit, untuk menjaga kondisi paru-paru dan tubuh agar tetap sehat.

 

Menghindari Polusi Udara

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang keempat, agar tidak mudah sakit, yaitu menghindari polusi udara. Pada saat berpergian, usahakan untuk menghindari polusi udara, yang seperti asap rokok atau asap kendaraan.

Karena asap rokok dan asap kendaraan, memiliki kandungan karbon dioksida, yang bisa menganggu sistem pernapasan. Gunakan masker saat berpergian, untuk menghindari menghirup polusi udara, agar paru-paru tetap sehat.

 

Cek Kesehatan

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang terakhir, agar tidak mudah sakit, rajin cek kesehatan dengan dokter. Pergi ke dokter untuk berkonsultasi, tidak harus saat sakit saja. Dalam keadaan sehat tetap harus berkonsultasi dengan dokter.

Rajin berkonsultasi atau cek kesehatan dengan dokter, bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat, dan bisa membantu mengontrol kondisi organ-organ yang ada didalam tubuh termasuk paru-paru.

;
Loading