Sukses

Lifestyle

4 Kiat Melunasi Utang dengan Metode Snow Ball

Fimela.com, Jakarta Ruang gerak finansial yang begitu sempit bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya utang. Baik berutang kepada teman, perusahaan, atau juga bank, utang memang sebaiknya kamu lunasi sesegera mungkin. Utang yang bertumpuk bukan cuma membuatmu lelah melakukan pembayaran setiap bulannya, tetapi juga berisiko membengkakkan jumlah yang harus kamu bayar. 

Pembengkakan ini bisa terjadi karena adanya bunga dan denda yang muncul ketika kamu telat membayar utang. Padahal, kalau pebayaran utangmu lancar dan terbebas dari utang, ruang gerak finansialmu bakal lebih besar. Sehingga, kamu tidak akan bingung saat mengalokasikan uangmu untuk menabung dan berinvestasi. 

Bagi kamu yang ingin membebaskan diri dari utang meski sudah menumpuk, akun Instagram Ngerti Saham memberikan beberapa tips untukmu agar terbebas dari utang. Caranya, dengan metode Snow Ball. 

1. Daftar Utang

Langkah pertama adalah dengan membuat daftar utang. Urutkan dari yang jumlahnya paling kecil, hingga yang paling besar. Meski jumlahnya sangat kecil, misalnya Rp10 ribu, kamu harus tetap mencatat dan melunasinya, ya! 

2. Pembayaran Minimum

Jika utangmu sudah bertumpuk dan ada beberapa daftar utang, sehingga tidak bisa melunasi semuanya sekaligus, cobalah untuk membayar minimum dari seluruh tagihan. Kecuali utang terkecil. 

3. Utang Terkecil

Bayar lunas utang dengan jumlah terkecil. Kalau tidak bisa, bayarlah utang tersebut sebesar mungkin, sesuai kemampuanmu. 

4. Terus Bayar

Di bulan selanjutnya, ulangi langkah nomo 1, 2, dan 3, hingga seluruh utangmu habis terbayarkan. Yang penting, jangan membohongi diri sendiri dengan menunggak pembayaran, ya! Selain utang tidak akan lunas hingga kapan pun, jumlahnya juga bakal bertambah karena bunga dan denda. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading