Sukses

Lifestyle

7 Langkah Jaga Mata Sehat Selama PSBB

Fimela.com, Jakarta Isolasi diri dengan berdiam #dirumahaja sudah beberapa pekan berlangsung guna menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Nyaris seluruh aktivitas harus dilakukan di kediaman.

Orang tua work from home, anak-anak pun mesti belajar daring. Penggunaan piranti digital seperti laptop, tablet dan ponsel semakin meningkat. Coba hitung, berapa jam menatap layar gawai setiap harinya? tentu mata akan terasa lelah.

Dr. Anna Nur Utami, SpM Spesialis Mata JEC dari Layanan Infeksi dan Imunologi menyampaikan, imbauan untuk tetap di rumah selama pandemi korona membuat intensitas menatap monitor elektronik semakin tinggi dengan durasi yang kian lama. Secara terus menerus, itu bisa berdampak timbulnya computer vision syndrome (CVS), yaitu gangguan pada mata akibat penggunaan piranti berbasis komputer.

Gejala yang paling sering muncul adalah terjadinya mata kering karena berkurangnya refleks berkedip dan kontras pencahayaan dari monitor yang kerap menyebabkan mata lelah. Untuk itu, kita harus menjaga mata tetap sehat dengan melakukan langkah-langkah yang diberikan , JEC Eye Hospitals & Clinics.

1. Atur Jarak Pandang

“Saat menatap layar, kita cenderung mendekatkan mata ke monitor, atau sebaliknya. Upayakan mempertahankan jarak pandang yang sehat, yakni minimal 33 cm ketika menggunakan ponsel, dan 60 cm untuk komputer,” jelas dr. Anna.

2. Koreksi Kelainan Refraksi

Jika memiliki kelainan refraksi, baik minus, plus, ataupun silinder, sebaiknya gunakan kacamata selama melakukan pekerjaan di depan layar komputer.

3. Beri Durasi Tatap Layar

Batasi waktu Anda melihat layar secara disiplin. Ketika fokus melihat monitor dalam waktu yang lama, refleks mata untuk berkedip berkurang. Mata bisa kering dan lelah. Karenanya, maksimal setiap 2 jam, jauhkan mata dari layar selama 15 menit.“Bahkan, bagi anak di bawah usia 16 tahun, mengingat mata mereka sedang dalam masa perkembangan,termin maksimal yang sehat untuk menatap layar hanyalah 2 jam sehari. Itupun durasi akumulasi, tidak 2 jam secara terus menerus,“ tegas dr. Anna. 

  

4. Alihkan Pandangan Sejenak

Selain durasi yang displin, pengalihan pandang juga krusial untuk menjaga mata tetap sehat. Terapkan rumus 20-20-20! Setiap 20 menit menatap gawai, palingkan mata Anda selama 20 detik untuk melihat objek berjarak 20 meter. “Fokuskan mata pada target pandang yang jauh dan warna yang lebih segar, seperti hijau dan biru. #dirumahaja juga bisa kok. Lihat saja pohon atau rumput di halaman, atau pandang birunya langit lewat jendela,” ujar dr. Anna.

5. Setel Pencahayaan

Perhatikan pencahayaan ruangan saat Anda menggunakan gawai. Jangan sampai terlalu redup, apalagi menatap ponsel sebelum tidur ketika lampu sudah dimatikan. Mata akan bekerja lebih keras dalam kondisi demikian. Setel pula tingkat kekontrasan layar pada piranti agar mata Anda nyaman.

6. Jaga Kelembapan Mata

Menatap layar secara terus menerus jelas mempengaruhi kelembapan mata. Risiko mata kering pun semakin rentan terjadi. “Agar mata tetap lembap, Anda bisa mengaplikasikan produk air mata buatan yang tanpa pengawet. Namun, untuk lebih amannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata, jika keluhan tidak juga membaik setelah diberikan pelembab mata,” imbuh dr. Anna.

7. Bangun Imunitas Tubuh

Ini langkah sederhana yang mutlak dilakukan terlebih di tengah pandemi COVID-19. Cukupi nutrisi dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, dan berolahraga secara mencukupi. Imunitas tubuh yang kuat sejalan dengan kesehatan mata yang prima. Di samping itu, anjuran berjemur ternyata tak hanya berimbas positif pada kondisi tubuh. Kesehatan mata pun turut terdongkrak. Terlebih, bagi anak-anak yang sedang dalam tahap perkembangan organ mata. Berjemurlah secara aman dengan menghindari paparan sinar matahari langsung masuk ke mata. Tidak perlu berlama-lama, cukup 15-30 menit saja di pagi hari, ketika indeks Ultra Violet (UV) berada di angka 3-5.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading