Sukses

Lifestyle

Manfaat Mengonsumsi Air Ketumbar untuk Mencegah Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Ketumbar merupakan tanaman dengan jenis rempah-rempah, yang berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia, yang biasanya digunakan untuk menjadi penyedap pada masakan.

Selain menggunakan ketumbar sebagai bahan masakan, biji ketumbar bisa direndam dengan air hangat, dan diminum untuk mencegah penyakit tertentu.

Biji ketumbar memiliki aroma khas, yang kuat dan harum, sehingga bisa membuat masakan menjadi nikmat. Berikut manfaat mengonsumsi biji ketumbar, untuk mencegah penyakit tertentu seperti kolesterol, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

Menurunkan Kolesterol

Manfaat mengonsumsi air ketumbar, bisa mencegah penyakit tertentu, salah satunya adalah kolesterol. Sebenarnya kolesterol ada 2 jenis, yaitu kolesterol baik yang bermanfaat untuk tubuh, dan kolesterol jahat yang bisa membuat penyakit pada tubuh.

Sahabat Fimela bisa merebus 2 sendok teh biji ketumbar, dan kemudian meminum air rebusan air biji ketumbar, setiap 1 hingga 2 kali sehari. Rutin mengonsumsi rebusan air ketumbar, bisa membantu mengontrol kolesterol di dalam tubuh, dan tubuh menjadi lebih sehat.

 

Mencegah Diabetes

Manfaat mengonsumsi biji ketumbar, bisa membantu menurunkan kadar gula darah, dan membantu mencegah diabetes. Banyak dokter yang menyarankan untuk mengonsumsi rebusan biji ketumbar, bagi seseorang yang sedang menjalani program diet, terutama penderita diabetes.

Mengonsumsi rebusan biji ketumbar, bisa membantu mengontrol glukosa darah, agar tetap stabil di dalam tubuh. Bagi Sahabat Fimela yang memiliki diabetes, bisa mengonsumsi air rebusan biji ketumbar, setiap hari saat pagi dan malam hari.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat mengonsumsi biji ketumbar, bisa membantu menguatkan tulang, dan mencegah osteoporosis. Biji ketumbar memiliki kandungan riboflavin, vitamin A, niasin dan karoten.

Biji ketumbar juga mengandung asam folat dan vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan, untuk mencegah serangan radikal bebas. Selain itu, ketumbar juga memiliki kandungan vitamin K dan kalsium, yang bisa membantu mencegah osteoporosis

 

Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Manfaat mengonsumsi rebusan biji ketumbar, bisa membantu mengatasi gangguan sistem pencernaan, yang sering terjadi pada tiap orang. Biji ketumbar memiliki senyawa borneol dan linalool, yang bisa membantu melancarkan proses sistem pencernaan, untuk mencerna makanan.

Biji ketumbar juga mengandung cineol, limonene, alpha-pinene dan beta-phellandrene. Kandungan tersebut dapat membantu untuk mengatasi diare, yang dapat disebabkan oleh bakteri, karena biji ketumbar memiliki sifat antibakterial.

Melancarkan Haid

Manfaat mengonsumsi air rebusan biji ketumbar, bisa membantu para perempuan, dalam melancarkan siklus haid. Rebus 6 gram biji ketumbar, yang telah ditumbuk menjadi bubuk dalam 500 ml air, dan tambahkan gula atau madu.

Mengonsumsi air rebusan biji ketumbar, bisa membantu merangsang, dan membantu keteraturan sekresi hormon estrogen dari kelenjar endokrin. Selain itu, mengonsumsi biji ketumbar bisa mencegah anemia, yang sering terjadi pada saat perempuan sedang mengalami haid.

Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading