Sukses

Lifestyle

Manfaat Mengonsumsi Biji Nangka untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Buah nangka berasal dari negara India, yang sudah menyebar luas dan dibudidayakan di Asia Tenggara, termasuk negara Indonesia. Buah nangka bisa dikonsumsi sebagai buah yang langsung dimakan, dan bisa dijadikan sebagai bahan dasar olahan masakan, seperti gudeg atau kolak.

Sering disepelekan dan dibuang, bukan hanya daging dari buah nangka saja yang bisa dinikmati, namun biji dari buah nangka juga bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain memiliki kandunganĀ thiamin dan riboflavin, biji nangka juga memiliki kandungan mineral, yang sangat baik dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Berikut manfaat mengonsumsi biji nangka yang sudah direbus, untuk menjaga tubuh tetap sehat, yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Menurunkan Kolesterol

Manfaat mengonsumsi biji nangka yang pertama, bisa membantu mengontrol kolesterol di dalam tubuh, agar tubuh sehat. Menurut penelitian mengonsumsi biji nangka, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, yang bisa menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah.

Mengonsumsi biji nangka juga bisa membantu menaikkan kolesterol baik, yang bisa membantu mencegah penumpukan plak kolesterol, agar kadar kolesterol di dalam tubuh seimbang.

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat mengonsumsi biji nangka, bisa membantu menjaga sistem pencernaan, dan melancarkan sistem pencernaan. Biji nangka memiliki kandungan prebiotik, yang merupakan senyawa baik, untuk membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh.

Biji nangka juga memiliki kandungan serat, yang bisa membantu menahan rasa lapar, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Rutin mengonsumsi biji nangka, bisa membantu mencegah penyakit perut seperti sembelit, dan menurunkan resiko penyakit pada sistem pencernaan.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat mengonsumsi biji nangka, bisa membantu mencegah penyakit kanker, karena biji nangka memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan di dalam biji nangka meliputi flavonoid, saponin dan tannin, yang merupakan senyawa untuk membantu menyerang radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas bisa merusak sel-sel imun di dalam tubuh, yang bisa menyebabkan penyakit, seperti penyakit kanker.

Mencegah Infeksi

Biji nangka yang direbus, bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, karena bersifat anti bakterial. Menurut penelitian, senyawa antibakteri di dalam biji nangka, bisa membantu menyembuhkan penyakit seperti diare. Senyawa antibakteri yang terdapat pada biji nangka, bisa membunuh bakteriĀ E. coli, dan menyembuhkan masalah lain pada sistem pencernaan.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat mengonsumsi biji nangka, bisa membantu menjaga kesehatan kulit, dan mencegah penuaan dini di kulit. Penuaan dini terjadi karena kulit terlalu sering terkena paparan sinar matahari, terserang radikal bebas, dan kulit yang dehidrasi. Biji nangka memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu mencegah radikal bebas, dan mencegah penuaan dini.

Menjaga kesehatan memang sangat penting, apalagi dengan cara alami. Memanfaatkan bahan alami seperti biji nangka pun bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

;
Loading