Sukses

Lifestyle

Mulai Belajar Berhemat, Ini 5 Pengeluaran Pribadi yang Bisa Kamu Pangkas

Fimela.com, Jakarta Memangkas pengeluaran pribadi bisa menjadi cara awal untuk belajar berhemat. Bagi kamu yang ingin belajar menabung namun belum memiliki dana tambahan atau berlebih yang bisa kamu tabung, dana tersebut bisa kamu dapatkan dengan cara memangkas pengeluaran pribadi yang dirasa tidak begitu penting.

Dengan menerapkan prinsip kebutuhan primer dan sekunder serta mengurangi hasrat untuk membelanjakan uang pada barang-barang yang bersifat tersier, kamu pasti bisa memiliki tabungan pribadi. Seringkali kita terkecoh antara kebutuhan dan keinginan sehingga ceroboh dalam membelanjakan uang atau membeli suatu barang.

Untuk kamu yang bercita-cita memiliki tabungan di usia muda maka berhemat adalah cara yang cukup efektif. Kamu harus pintar mengatur keuangan dan memilah mana saja yang termasuk kebutuhan dan keinginan yang perlu kamu tahan dulu. Perilaku ceroboh dan boros dalam mengatur uang hanya akan membuatmu rugi karena tidak memiliki dana cadangan untuk hal-hal yang bisa saja terjadi diluar dugaan.

Nah, buat kamu yang ingin mulai belajar berhemat bisa melihat list pengeluaran apa saja yang bisa kamu pangkas anggarannya. Fimela.com akan membagikan informasi 5 pengeluaran pribadi yang bisa kamu pangkas. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengeluaran Membelanjakan Makeup dan Skin Care

Pengeluaran pribadi yang bisa kamu pangkas pertama ialah pengeluaran untuk membeli makeup dan skincare. Seringkali perempuan menjadi kalap tatkala melihat produk makeup terbaru padahal alat makeupnya sendiri sebenarnya masih ada dan sudah lengkap. Pada situasi seperti ini yang bermain tentu bukan kebutuhan tetapi keinginan.

Sama halnya dengan membeli skin care, perempuan juga suka melebih-lebihkan kebutuhan perawatan wajah dan kulit. Kerap kali bahkan rela menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli produk skin care keluaran terbaru yang direkomendasikan artis favorit misalnya. Padahal dengan produk skin care secukupnya asal kamu rutin memakainya sudah cukup daripada harus membeli banyak skin care.

Dua benda ini, makeup dan skincare bisa kamu pangkas anggarannya dengan menyadari bahwa kedua benda tersebut bukan kebutuhan primer. Sekiranya produk makeup yang kamu miliki masih ada dan cukup untuk kamu gunakan, tahan diri dulu dari membeli produk terbaru, begitu juga dengan skin care.

Pengeluaran Barang Fashion

Kedua, pengeluaran pribadi yang bisa kamu pangkas selanjutnya ialah pengeluaran dalam membeli barang-barang fashion seperti pakaian, tas, dan sepatu. Barang fashion selalu berhasil menjadi magnet yang menarik banyak perempuan rela membelanjakan uangnya dalam jumlah besar. Jika kamu ingin berhemat maka kebiasaan seperti ini sebaiknya kamu tahan dulu.

Barang-barang fashion seperti pakaian, tas, dan sepatu adalah barang yang bisa kamu jaga agar tetap awet dan pastinya bisa kamu gunakan lebih dari sekali. Maka dari itu, jika lemarimu sudah penuh dengan pakaian atau rak sepatumu juga sudah terisi banyak sepatu sebaiknya kamu menahan diri dari membeli barang-barang fashion karena bisa membuat pengeluaranmu menjadi boros.

Untuk mengantisipasi ketika kamu merasa bosan dengan barang-barang lama, kamu tidak harus langsung membuangnya dan membelinya yang baru. Modifikasi saja barang fashion lamamu agar menjadi barang baru kembali dengan cara yang kreatif, misalnya dengan mengguntingnya lalu menjadikannya model baju terbaru atau mengecat kembali sepatu yang kamu miliki dengan motif yang kamu sukai.

Pengeluaran Hangout

Berikutnya, pengeluaran yang bisa kamu pangkas anggarannya adalah pengeluaran pribadi saat kamu sedang hangout bersama teman-teman. Memang hangout adalah kebutuhan untuk melepas stres dengan jalan-jalan bersama teman ke pusat perbelanjaan atau ke tempat wisata, namun kamu perlu membatasi hal tersebut agar bisa berhemat dan menabung.

Dalam prinsip berhemat bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan hiburan, kamu tetap bisa hangout bersama teman-teman hanya saja intensitasnya dikurangi agar tidak banyak memakan dana untuk makan-makan direstoran mahal atau kegiatan menyenangkan lainnya yang berbayar. Mungkin kamu bisa membuat jadawalnya sehingga kamu tetap bisa menabung sekaligus hangout bersama teman-teman.

Pengeluaran Tagihan Bulanan

Keempat, pengeluaran lain yang bisa kamu pangkas ialah pengeluaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, air, dan gas. Untuk itu, usahakan untuk menggunakan sumber daya tersebut sehemat mungkin. Jika kamu tidak menghemat pemakaiannya maka pengeluaranmu untuk membayar tagihan bulanan tersebut bisa membengkak.

Sebagai contoh, jika akan keluar rumah, pastikan untuk selalu mematikan lampu, atau ketika kamu memang sedang tidak menonton tv maka jangan biarkan tv tersebut terus menyala, matikan saja. Begitu juga dengan penggunaan air, jangan membuang-buang air, pakai saja secukupnya dan tutup kembali kran air sesudah memakainya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional, Ketahui Jenis dan Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
Ambigu adalah Ketaksaan dalam Kata dengan Beragam Makna, Kenali Jenis-Jenisnya