Sukses

Lifestyle

5 Kota di Jawa Tengah yang Paling Seru Buat Liburan Keluarga, Mau Coba City Hopping?

Fimela.com, Jakarta Quality time bareng keluarga tersayang menjadi agenda penting yang harus dilakukan demi menjaga pikiran tetap fresh. Selain itu, liburan bersama juga mampu meningkatkan kehangatan antar anggota keluarga, lho. Sebagai salah satu ide brilian yang bisa dilakukan, kamu dapat mengagendakan city hopping untuk getaways seru.

Selain hemat biaya dan tenaga, mengunjungi beberapa lokasi yang berdekatan akan memberikan semangat tersendiri berkat berbagai destinasi yang bisa dikunjungi dalam sekali pergi-pulang. Tak perlu bingung mencari tujuan city hopping, kunjungi 5 kota di Jawa Tengah yang ternyata punya banyak spot wisata keren untuk mengisi liburan keluarga.

Semarang

Awali liburanmu dengan booking tiket pesawat ke Semarang dan langsung injakkan kaki ke Kota Lama yang dihiasi bangunan tua berarsitektur kolonial. Dari sini, lanjutkan petualanganmu di Kota Semarang dengan mengunjungi Lawang Sewu dan Gereja Blenduk.

Masukkan juga Dusun Semilir Eco Park Bawen yang lagi hits di media sosial dan cocok buat menghibur seluruh anggota keluarga. Anak-anak bisa menjajal aneka wahana dan melihat beragam hewan, sedangkan yang lebih dewasa akan puas berfoto, mencicipi kuliner dan berbelanja. Lengkap, kan!

Salatiga

Kalau ingin menjajal road trip, Salatiga jadi pilihan tepat karena berbatasan langsung dengan Semarang. Walau bukan termasuk kota besar, Salatiga menyimpan berbagai destinasi wisata alam yang menarik. Mulai dari mendaki Gunung Merbabu, mengelilingi Agrowisata Salib Putih, mengunjungi Tlogo Plantation hingga berkuda di Arrowhead Park.

Yogyakarta

Ingin perjalanan lebih praktis saat city hopping, pesan saja tiket kereta Semarang Jogja. Sesampainya di Kota Gudeg, awali liburan keluarga dengan mengunjungi Dolan Ndeso Boro yang menawarkan aneka permainan seru seperti rafting, tubing, dan bersepeda mengelilingi desa yang asri.

Lanjutkan dengan berfoto di Studio Alam Gamplong yang awalnya dibangun untuk set film SULTAN AGUNG THE UNTOLD STORY dan BUMI MANUSIA. Ada berbagai spot yang kental dengan nuansa kolonial yang cocok dijadikan latar foto, mulai dari replika Benteng Batavia hingga replika kendaraan antik yang dipakai dalam film besutan Hanung Bramantyo.

Terakhir, habiskan malam dengan menjajal serunya menginap Glamping Indekostour yang menyajikan indahnya pemandangan Candi Prambanan di pagi hari. Berkemah tak pernah senyaman ini, apalagi dengan fasilitas kasur tebal, AC, hingga televisi layar datar yang bikin liburan bareng keluarga kian berkesan.Magelang

Tak jauh dari Yogyakarta, Magelang punya berbagai spot wisata selain Candi Borobudur yang tersohor itu. Mulai dari menikmati keindahan aneka bunga di Kebun Bibit Senopati, menyeruput kopi di Wanaprastha dengan pemandangan Gunung Merbabu, hingga berenang di Sendang Maren dengan air sebening kristal. Menyimpan pesona alam yang memikat, jangan sampai melewatkan kunjungan ke Magelang, ya.

Solo

Hanya dua jam perjalanan darat dari Yogyakarta, Solo jadi tujuan liburan selanjutnya. Selain Keraton, ada banyak spot wisata lainnya yang wajib dikunjungi. Kali ini, agendakan kunjungan ke Museum Tumurun yang berisi koleksi karya seni kontemporer dan modern yang nggak kalah dibandingkan museum di luar negeri.

Jangan lewatkan juga pengalaman melintasi kota Solo dengan Sepur Kluthuk Jaladara. Kereta uap yang usianya sudah ratusan tahun ini akan singgah di beberapa tempat seperti Loji Gandrung, Taman Sriwedari dan Kampung Batik Kauman. Serasa dibawa ke tempo dulu, apalagi ditambah hiburan petikan kecapi dan suguhan jamu tradisional.

Kalau ingin berfoto dengan latar yang unik, jalan-jalan saja ke ruas Jalan Gatot Subroto. Jalan sepanjang 400 meter ini dihiasi mural hasil kreasi seniman Solo dan Yogyakarta. Malam hari jadi momen paling seru karena suasana yang semula dipenuhi pertokoan akan berubah jadi pameran karya seni modern, bahkan di akhir pekan digelar juga pertunjukan musik yang bikin suasananya kian semarak.

Siap menghabiskan liburan dengan mencoba city hopping di Jawa Tengah? Ke mana pun tujuanmu, #MulaiAjaDulu di Tokopedia demi mewujudkan rencana liburan terbaik. Selain bisa booking tiket transportasi, ada banyak banget Diskon Hotel yang bakal bikin liburan keluarga makin hemat tapi tetap menyenangkan. Siap berlibur?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading