Sukses

Lifestyle

5 Cara Ubah Jam Tidur Hadapi New Normal

Fimela.com, Jakarta Selain pola makan yang sehat, istirahat dan tidur yang cukup dapat memengaruhi kesehatan hingga mood kita. Apalagi kini kita akan menghadapi situasi new normal dimana tubuh harus tetap fit agar virus tidak mudah menyerang tubuh kita.

Jam tidur pun berantakan karena beberapa bulan ini kita menjalankan work from atau WFH. Lalu bagaimana cara agar tidur kita berkualitas? Berikut ulasannya dilansir dari beberapa sumber.

1. Perlahan mengatur jam tidur

Biasanya ketika WFH kita baru bisa tidur subuh, di saat mulai bekerja jam tidur harus berubah tentunya. Ada baiknya perlahan majukan jam tidurnya minimal 15 menit lebih awal dari biasanya. Nantinya bangun tidur pun akan lebih cepat.

2. Pencahayaan

Tubuhmu bergantung pada cahaya untuk sinyal bahwa sudah waktunya untuk bangun atau waktu untuk tidur. Untuk membantu menyesuaikan jadwal tidur, buka tirai atau nyalakan lampu di kamar segera setelah bangun dan meredupkannya saat bersiap untuk tidur.

3. Curi-curi waktu tidur siang

ketika istirahat saat bekerja, ada baiknya untuk tidur siang untuk memberikan energi kembali. Tak perlu lama untuk tidur siang karena akan membuat ritme tidur berantakan.

4. Jaga Kebersihan Kamar

Menjaga kebersihan lingkungan tidur dapat memengaruhi seseorang mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Salah satu alasan kita merasa sangat lelah di siang hari dan kita sulit tidur di malam hari adalah karena kita tidak mencocokkan waktu dan kondisi lingkungan tidur secara alami. Isyarat ini disebut Zeitgebers dan memberi tahu tubuh kita kapan harus terjaga dan kapan harus merasa mengantuk.

5. Hindari beberapa makanan dan minuman sebelum tidur

Beberapa makan bisa membuat tubuhmu insomnia, atau susah untuk tidur pada malam hari. Makanan seperti makanan pedas, alkohol, kafein, cokelat, dan es krim akan membuatmu sulit untuk tidur.

 

 

#Changemaker

Loading