Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Donat yang Lembut dengan Bahan Sederhana

Fimela.com, Jakarta Berada di rumah hampir empat bulan tentunya membuatmu memiliki banyak waktu luang. Untuk tetap produktiif di tengah pandemi virus corona ini, kamu bisa berkreasi di dapur, Salah satu camilan lezat yang mudah untuk kamu coba adalah donat.

Kue berbentuk cincin ini memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur lembut dan varian topping yang menambah kelezatannya. Camilan donat ini sangat tepat untuk dinikmati saat bersantai di rumah bersama anggota keluarga.

Untuk kamu yang penasaran dengan cara membuatnya. Berikut resep donat yang lembut hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana, seperti dirangkum Fimela, Kamis (18/6/2020). Selamat mencoba sahabat Fimela!

 

 

Bahan-bahan:

Takaran untuk 40 donat

500 gr tepung protein tinggi

250 ml air hangat

5 sdm gula pasir

2 butir kuning telur

100 gr margarin, cairkan, lalu dinginkan

6 gr (1,5 sdt) ragi instant

2 sdm susu bubuk

Minyak untuk menggoreng

Gula halus untuk topping

Cara membuatnya:

1. Dalam wadah, masukkan 250 ml air hangat. Hindari air terlalu panas karena dapat membuat ragi tidak bekerja maksimal. Kemudian masukkan 5 sdm terigu, gula, ragi. Aduk dengan sendok, searah jarum jam smpai tercampur rata.

2. Masukkan setengah bagian terigu lalu aduk dengan tangan. Masukkan satu persatu kuning telur, susu, dan margarin lalu masukkan sisa terigu.

3. Aduk adonan hingga elastis, halus, licin, dan tidak lengket, sekitar 6 - 8 menit. Taruh dalam wadah yang sudah diolesi sedikit minyak, kemudian tutup dengan plastik wrap atau kain lembab.

4. Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat atau sekitar 45 menit.

5. Kempiskan adonan aduk kembali sebentar. Lalu bagi dan bentuk bulat adonan dengan lubang di tengahnya menggunakan jari telunjuk. Diamkan lagi sekitar 10 menit dalam loyang yang sudah dilapisi tepung agar tidak lengket saat diambil.

6. Panaskan minyak untuk menggoreng, masukkan ke dalam minyak, goreng dengan api kecil. Balik satu kali lalu angkat dan tiriskan.

7. Terakhir waktunya kamu menambahkan topping sesuai selera. Untuk resep ini kamu bisa menggunakan gula halus yang ditaburkan di atas donat.

#changemaker

;
Loading