Sukses

Lifestyle

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Asam urat merupakan peradangan pada persendian, yang biasanya menyerang sendi kaki atau tangan. Asam urat disebabkan karena kadar zat uric acid terlalu banyak di dalam darah.

Asam urat juga bisa disebabkan karena salah mengonsumsi makanan. Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan tubuh, namun harus dihindari bagi seseorang yang memiliki penyakit asam urat.

Berikut makanan yang harus dihindari penderita asam urat, agar asam urat tidak kambuh, dilansir dari berbagai sumber:

Daging

Daging merah seperti sapi dan kambing, daging putih seperti bebek atau burung puyuh, merupakan makanan yang harus dihindari bagi seseorang yang memiliki riwayat asam urat.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 100gram daging masak, bisa menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh meningkat.Produk daging olahan yang merupakan olahan pabrik juga harus dihindari, seperti sosis, nugget hingga kornet.

Daging olahan memiliki kandungan lemak jenuh dan natrium tinggi, sehingga bisa mempengaruhi fungsi  ginjal, dan meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Tak perlu khawatir, bagi seseorang yang memiliki asam urat tetap boleh mengonsumsi daging, namun hanya daging ayam saja.

 

Makanan Laut

Bagi Sahabat Fimela yang memiliki asam urat, harus menghindari beberapa jenis makanan laut, agar kadar asam urat di dalam tubuh tidak meningkat. Makanan laut yang harus dihindari yaitu lobster, ikan sarden, kerang dan kepiting serta udang.

Walaupun makanan laut bisa mengakibatkan asam urat, tetapi masih ada makanan laut yang bisa dikonsumsi, seperti ikan salmon. Saat mengonsumsi ikan laut, jangan lupa mengonsumsi brokoli dan diberi perasan air lemon, untuk membantu menetralkan asam urat.

 

Minuman Manis

Minuman manis sebenarnya tidak terlalu masalah jika dikonsumsi seseorang yang memiliki asam urat, tetapi minuman manis menggunakan gula tambahan, yang bisa meningkatkan kadar asam urat.

Menurut sebuah penelitian, minuman manis yang tidak boleh dikonsumsi adalah minuman bersoda, atau minuman kemasan yang memiliki kandungan gula tambahan yang tinggi. Untuk itu, hindarilah minuman manis yang mengandung gula tambahan. Lebih baik mengonsumsi air putih setiap harinya.

Makanan Berlemak

Bagi seseorang yang memiliki asam urat, lebih baik menghindari makanan yang mengandung lemak, karena bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan berlemak, bisa membuat berat badan naik, dan menghasilkan banyak insulin di dalam tubuh. Kadar insulin yang berlebihan, bisa mengganggu sistem kerja ginjal, sehingga asam urat di dalam tubuh akan meningkat dan menjadi kristal.

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya.

;
Loading