Sukses

Lifestyle

Sensasi Baru Menikmati Kopi Susu dalam Menu Dessert

Fimela.com, Jakarta Begitu banyak resep kopi susu yang dijual di pasaran. Kamu pun bisa membuat sendiri kopi susu di rumah. Jika bosan menikmati kopi susu dalam bentuk minuman, kamu bisa eksplorasi menu dengan bahan dasar kopi susu, seperti menu dessert.

Nespresso menggandeng Delicakes Bakery untuk menghadirkan kreasi menu makanan penutup dengan bahan dasar varian kopi terbaru dari Nespresso. Yakni Caramel Creme Brulee, Vanilla Eclari, dan Cocoa Truffle.

Dari ketiga varian kopi terbaru Nespresso Barista Creation, Dewi Utara dan Nessa Khalif Ardi yang merupakan pemilik Delicakes Bakery akan membuat Coffee Infused Cupcakes dan Vanilla Eclair.

Untuk Vanilla Eclair, Nessa Khalif Ardi menggunakan Vanilla Eclair sebagai cream pastry. Selain itu, digunakan juga Nespresso Barista Creation Caramel Creme Brulee sebagai ganache untuk ditaburi crumble topping.

 

Tips dan Trik

Sementara pada Coffee Infused Cupcakes, Dewi Utara menggunakan Nespresso Barista Creations Cocoa Truffle. Dewi memasukkan ekstrak Cocoa Truffle ke dalam adonan sehingga menciptakan rasa pahit cokelat yang berpadu dengan kopi.

Dewi Utari mengaku bahwa tidak sulit untuk mengeksplor menu makanan penutup yang berbahan dasar kopi. Hanya saja, butuh teknik khusus dan penyesuaian bahan agar menghasilkan menu dessert yang tetap enak dengan cita rasa yang kuat.

Seperti jangan menggunakan ekstrak kopi yang kopi yang masih panas ketika dicampur ke adonan. Kopi yang terlalu panas akan mematangkan adonan atau telur yang akan dicampur.

Selain itu, harus mempertimbangkan penyesuaian gramasi bahan-bahan yang digunakan. Nessa menyebut dalam membuat dessert akan ada adonan kering dan basah. Pada adonan basah dibutuhkan kopi sekitar 50gram. Sehingga adonan basahnya 150gram saja agar volume adonan tidak berubah dan menghasilkan tekstur yang tepat.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading