Sukses

Lifestyle

5 Makanan yang Berkhasiat Membuat Kulit Wajah Sehat dan Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Asupan makanan yang kita konsumsi ternyata juga berpengaruh pada kondisi kulit dan wajah. Dilansir dari portal Dermato Endocrinology, terdapat penelitian yang membuktikan bahwa kondisi kulit, lebih tepatnya penuaan pada kulit juga dipengaruhi oleh asupan gizi dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Dalam makanan sehat terdapat banyak kandungan gizi yang akan membantu mencegah penuaan dini terutama yang mudah terlihat adalah kulit wajah. Pastinya semua perempuan akan berupaya untuk menutupi dan mencegah penuaan dini pada wajah agar tampil lebih awet muda dan percaya diri. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan melakukan perawatan, namun itu saja tidak cukup karena perawatan datangnya dari luar dan kamu membutuhkan gizi dan nutrisi yang baik dari dalam tubuh agar memiliki wajah yang awet muda.

Ada banyak makanan sehat mulai dari buah-buahan hingga sayur-sayuran yang kandungan gizinya efektif untuk membuat wajah terlihat cantik, segar, dan juga awet muda. Tentu saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus mengonsumsi makanan-makanan sehat tersebut secara rutin setiap hari.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki wajah cantik dan juga awet muda, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat tertentu. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 makanan yang berkhasiat membuat wajah cantik dan awet muda. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Gandum

Makanan yang berkhasiat membuat wajah cantik dan awet muda pada urutan pertama ialah gandum. Gandum merupakan makanan yang rendah glikemik sehingga dapat menjadi makanan yang tidak menyebabkan lonjakan pada gula darah. Perlu kamu tahu bahwa makanan yang tinggi glikemiknya dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan keriput.

Selain itu, gandum sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah karena memang memiliki bahan kimia tumbuhan alami yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit dan menenangkan iritasi kulit. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menyajikan gandum dalam bentuk oatmeal agar lebih enak dan tentu saja rasanya akan lebih mudah diterima.

Buah Pepaya

Selanjutnya, makanan yang berkhasiat untuk membuat wajah cantik dan awet muda ialah buah papaya. Kandungan yang terdapat pada pepaya sangat beragam seperti, antioksidan, vitamin, dan mineral yang bermanfaat meningkatkan elastisitas kulit wajah. Hebatnya, buah papaya ini juga dapat meminimalisir munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah.

Kemudian, dalam satu buah papaya terkandung berbagai macam vitamin seperti, vitamin A, C, K, dan E serta kalsium, kalium, dan vitamin B. Kandungan tersebut dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan juga dapat menunda tanda-tanda penuaan. Dengan memakan satu buah papaya, tubuhmu akan lebih mudah melepaskan sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat lebih cerah, segar, dan juga cantik.

Buah Alpukat

Berikutnya, buah lain yang juga berkhasiat membuat wajah cantik dan juga awet muda ialah buah alpukat. Buah yang sangat nikmat dihidangkan dalam bentuk jus ini ternyata mampu menangkal radang dan membuat kulit terasa halus dan kenyal. Buah ini juga memiliki sejumlah nutrisi penting yang dapat menunda dan mengurangi risiko penuaan dini seperti, vitamin A, E, C, B, K, dan juga kalium.

Sebagai informasi, kandungan vitamin A pada alpukat dapat membantu pelepasan sel-sel kulit mati sehingga kulitmu aakan tampak lebih segar dan juga bercahaya. Kandungan karotenoidnya juga dapat membantu untuk menghindari racun dan kerusakan kulit akibat sinar matahari yang juga bisa menyebabkan kanker kulit. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa makan buahnya secara langsung atau disajikan dalam bentuk jus buah.

Kubis

Keempat, makanan yang berkhasiat membuat wajah cantik dan juga awet muda ialah kubis. Sayuran ini memiliki kandungan folat, vitamin A, dan C yang bagus untuk kulit. Kandungan vitamin C pada kubis dapat menghasilkan kolagen untuk menutrisi kulit. Sedangkan vitamin A pada kubis berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang dapat memicu penuaan.

Kubis bisa kamu santap dengan cara mencampurkannya menjadi bahan pelengkap sayur. Akan tetapi, agar kandungannya dapat terjaga, hindari memasak terlalu lama sampai sayur-sayuran menjadi layu karena cara memasak seperti itu dapat merusak dan mengurangi kandungan vitamin pada kubis.

Daging Ikan Salmon

Terakhir, makanan yang berkhasiat untuk membuat wajah terlihat cantik dan awet muda ialah daging ikan salmon. Ikan yang satu memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung lemak omega-3 yang sangat baik. Kandungan ini dapat menjaga sel-sel kanker kulit agar tidak tumbuh dan menyebar.

Disarankan untuk kamu mengonsumsi sebanyak 3 ons setiap minggunya agar kandungan omega-3 pada ikan salmon dapat memberikan manfaat kepada tubuh secara maksimal. Kamu bisa menyajikan ikan salmon dengan cara dikukus atau digoreng, pastikan kamu tidak menggunakan terlalu banyak minyak agar kandungannya tidak rusak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading