Sukses

Lifestyle

5 Bahan Alami yang Berkhasiat Memutihkan Gigi dan Menyegarkan Napas

Fimela.com, Jakarta Memiliki gigi yang bersih dan putih, serta napas yang segar pasti akan membuatmu lebih percaya diri. Jelas saja, apalagi jika aktivitas ataupun pekerjaanmu menuntutmu untuk banyak berbicara. Sebaliknya, jika gigimu terlihat kuning dan napasmu menimbulkan bau yang tidak sedap, kamu pasti akan merasa tidak nyaman, begitu juga dengan orang yang menjadi lawan bicaramu, biasanya mereka akan langsung menutup hidung atau menghindari komunikasi denganmu.

Maka dari itu, untuk mendapatkan gigi putih bersih dan napas yang segar, sikat gigi saja sebenarnya tidak cukup karena masih ada banyak sisa makanan yang tersangkut didalam gigi dan akhirnya menyebabkan bau yang tidak sedap. Kamu perlu berkumur dengan menggunakan cairan khusus atau obat kumur agar napasmu segar dan juga gigimu menjadi lebih bersih.

Namun, jika kamu tidak begitu menyukai obat kumur, kamu bisa memutihkan gigi dan menyegarkan napas dengan menggunakan bahan alami, Tentunya menggunakan bahan alami jauh lebih aman karena kandungannya secara alami yang akan bekerja bukan karena campuran kimiawi.

Untuk itu, bagi kamu yang menginginkan gigi putih dan napas segar setiap hari, perlu menggunakan beberapa bahan alami berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 5 bahan alami yang berkhasiat memutihkan gigi dan menyegarkan napas. Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Menggunakan Buah Stroberi

Bahan alami untuk memutihkan gigi dan menyegarkan napas yang pertama ialah dengan menggunakan buah stroberi. Buah berwarna merah dan memiliki rasa asam ini bisa memutihkan gigi karena memiliki kandungan asam yang sangat baik untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Dilansir dari Boldsky, kandungan asam stroberi bisa mengangkat kotoran yang menempel dan menyebabkan gigi menguning.

Selain memutihkan, napas juga bisa menjadi segar karena kandungan asamnya yang membersihkan mulut bisa membunuh kuman-kuman yang ada didalam rongga mulut. Memutihkan gigi dengan stroberi cukup mudah. Siapkan bahan-bahan yang kamu perlukan, seperti sikat gigi, stroberi, dan air secukupnya. Berikut caranya:

  1. Berkumur dulu untuk membuang kotoran dan sisa makanan di rongga mulut.
  2. Kemudian hancurkan buah stroberi dan jadikan pasta gigi. Oleskan buah stroberi secukupnya di sikat gigi dan gosok gigi seperti biasa.
  3. Setelah itu bilas atau berkumur dengan air bersih secukupnya. Lakukan dua kali dalam sehari dan buktikan hasilnya.

Kamu juga bisa melakukan dengan cara yang sederhana, yaitu menggosokkan stroberi pada gigi secara memutar seperti menggosok gigi agar semua area gigi tergosok buah stroberi. Kamu juga bisa menerapkan dengan cara makan buah stroberi setiap hari. Jadi bukan hanya bisa memutihkan gigi namun juga bisa mendapatkan nutrisinya yang baik untuk tubuh.

Menggunakan Lemon dan Garam

Selanjutnya, bahan alami lain yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi dan menyegarkan napas ialah buah lemon dan garam. Dilansir dari laman boldsky.com, nutrisi yang terkandung di dalam lemon juga garam sangat baik dalam memperbaiki masalah gigi kuning. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga ampuh memutihkan gigi dalam waktu sekejap.

Cara menggunakannya mudah saja, kamu hanya perlu menyiapkan lemon dan garam. Kemudian, peras air lemon, saring kemudian campur dengan garam. Pastikan garam larut dengan baik ke dalam air lemon. Gunakan campuran lemon dan garam ini sebagai pasta gigi. Sikat gigi dengan lembut dan merata kurang lebih selama 5 menit. Jika sudah, kumur dengan air hingga bersih. Selanjutnya, sikat gigi kembali menggunakan pasta gigi biasa yang kamu pakai sehari-hari, kumur-kumur hingga bersih.

Dengan cara sederhana ini, kamu tidak hanya mendapatkan gigi bersih dan putih saja, tetapi juga napas yang segar. Lakukan cara ini satu hingga dua kali dalam seminggu. Tapi jangan lakukan terlalu sering karena ini bisa menyebabkan lapisan enamel pelindung gigi terkikis atau keropos.

Menggunakan Kulit Pisang

Berikutnya, kamu bisa memanfaatkan bahan alami yakni, buah pisang untuk memutihkan gigi dan menyegarkan napas. Para ahli percaya bahwa nutrisi yang terkandung di dalam kulit pisang bisa mengangkat kotoran dan berbagai enamel pada gigi penyebab gigi kuning. Tak hanya itu saja, nutrisi yang terkandung di dalam kulit pisang juga dipercaya bisa membuat gigi menjadi lebih kuat, sehat dan terhindar dari berbagai risiko masalah kesehatan gigi.

Cara memanfaatkan kulit pisang sebagai pemutih alami gigi sendiri sangat praktis dan mudah. Caranya, ambil 1 buah pisang lalu pisahkan antara kulit dan buahnya. Ambil kulit pisang, cuci bersih lalu gosok-gosokkan kulit pisang bagian dalam ke gigi kurang lebih selama 2 sampai 3 menit. Diamkan beberapa menit lalu berkumurlah seperti biasa.

Agar hasil perawatan ini semakin maksimal, pastikan untuk menggosok gigi setelah berkumur. Lakukan perawatan ini setidaknya sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 3 sampai 4 bulan. Dijamin, setelahnya kamu akan memiliki gigi yang putih bersih dan napas yang juga segar.

Menggunakan Buah Apel

Keempat, bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi dan menyegarkan napas berikutnya ialah buah apel. Apel memiliki daging buah yang keras dan renyah. Buah-buahan dengan tekstur semacam ini perlu dikunyah ketika dimakan. Ketika seseorang makan apel, setiap kali dia mengunyah, setiap kali itu pula gusi mendapat pijatan. Pijatan pada gusi membantu mulut untuk melepaskan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Selain itu, proses mengunyah akan memicu proses produksi air liur yang berfungsi tidak hanya dalam proses pencernaan makanan, tapi juga menetralisir pengaruh bakteri streptococcus yang mungkin ada di mulut. Bakteri streptococcus adalah bakteri yang menyebabkan lubang-lubang kecil pada gigi.

Buah apel juga mengandung asam malic. Asam malic adalah bahan aktif yang digunakan dalam produk-produk pemutih gigi. Asam malic memicu proses pengikisan noda pada gigi akibat sisa-sisa makanan yang kamu makan.

Menggunakan Minyak Zaitun

Terakhir, bahan alami untuk memutihkan gigi dan juga menyegarkan napas ialah minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan yang dapat memutihkan gigi dan juga menyegarkan napas.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk memutihkan gigi dan menyegarkan napas mudah saja. Cara pertama adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam pasta gigi, kemudian gosokkan pada gigi. Cara kedua adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak zaitun pada selembar kain dan menggosokkan kain tersebut ke gigi.

Lakukan dengan rutin dan kamu akan melihat sendiri hasilnya. Gigi akan menjadi semakin putih, napas pun menjadi segar dan kemudian kamu bisa jadi lebih percaya diri ketika ingin mengobrol dengan siapapun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading