Sukses

Lifestyle

Belajar Berkomitmen, Inilah 5 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan Bersama Pasangan

Fimela.com, Jakarta Fondasi pertama saat membangun komitmen dalam sebuah hubungan adalah kepercayaan. Tanpa kepercayaan, tidak akan terjadi hubungan yang harmonis karena satu sama lain saling menaruh curiga. Hal ini tentu perlahan akan menjadi benalu, maka dari itu, kepercayaan menjadi hal yang sangat penting dan krusial.

Membangun kepercayaan juga tentunya bukan hal yang mudah, sebagian orang bisa saja mudah memberikan kepercayaan, sebagian laginya tidak. Jika kamu termasuk orang yang tidak mudah memberi kepercayaan, maka bangunlah sebuah kepercyaan tersebut bersama pasanganmu secara perlahan dengan cara-cara yang sederhana.

Namun, sebelum membangun kepercayaan, kamu harus memastikan bahwa pasanganmu adalah orang yang tepat untuk diajak berkomitmen. Tanyakan lagi pada dirimu. Jangan terburu-buru dalam memilih pasangan dan menentukan apakah dia orang yang tepat atau bukan. Jika kamu salah langkah, kepercayaan yang kamu berikan akan sia-sia.

Namun, jika kamu merasa pasanganmu adalah orang yang tepat, maka kamu bisa mulai membangun kepercayaan dengannya dengan cara-cara yang akan dibahas dalam ulasan berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 5 cara membangun kepercayaan dalam hubungan bersama pasangan. Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Menata Cara Berkomunikasi

Cara membangun kepercayaan dalam hubungan dengan pasangan yang pertama ialah dengan menata cara kalian dalam berkomunikasi satu sama lain. Jangan dianggap sepele, komunikasi yang tidak efektif seringkali membuat pertikaian kecil bahkan menimbulkan rasa tidak percaya dengan pasangan sendiri.

Menata komunikasi dalam hal ini ialah kalian saling terbuka dengan gaya komunikasi seperti apa yang disukai, beberapa orang suak dengan komunikasi intens dan beberapa lagi lebih suka berkomunikasi dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, agar saling memahami dan percaya, coba saling terbuka dan berdiskusi mengenai cara komunikasi mana yang sekiranya paling cocok dan bisa diterima oleh kalian berdua.

Buat Kesepakatan Kecil

Selanjutnya, cara membangun kepercayaan dalam hubungan bersama pasangan yang kedua ialah dimulai denggan membuat kesepakatan-kesepakatan kecil antara kalian berdua. Sebenarnya kesepakatan kecil tersebut merupakan sebuah cara untuk melatih pasanganmu sendiri, apakah dia akan menepatinya dan menjaga kepercayaanmu melalui kesepakatan kecil tersebut atau tidak.

Kesepakatan keci itu misalnya seperti berjanji untuk saling mengabari setiap ada permasalahan yang menimpa satu sama lain. Dengan kesepakatan ini, kamu bisa menguji apakah pasanganmu bisa terbuka denganmu atau tidak. Jika dia bisa menepati kesepakatan yang kalian buat maka sebenarnya kamu sudah mulai membangun dan menaruh kepercayaanmu dengannya secara perlahan.

Buktikan dengan Tindakan Nyata

Ketiga, cara membangun kepercayaan bersama pasangan berikutnya ialah dengan membiasakan untuk membuktikan segala sesuatu dengan tindakan nyata bukan hanya bualan semata. Salah satu cara menguji kejujuran dan mendapatkan kepercayaan ialah dengan membuktikan omonganmu melalui tindakan nyata.

Jika sedari awal dia mengatakan banyak hal tetapi tidak ada satu pun yang terwujud artinya, dia tidak bisa kamu percaya atau perkataannya saja tidak bisa kamu pegang kebenarannya. Maka dari itu, baik kamu ataupun pasanganmu, biasakanlah untuk menjadi seseorang yang realistis dan apa adanya sehingga kamu bisa membuktikan apapun yang kamu katakana dengan tindakan.

Berikan Dukungan

Keempat, cara membangun kepercayaan dalam hubungan ialah dengan saling memberi dukungan satu sama lain. Jika pasanganmu bisa tulus memberikan dukungan untuk kemajuan dirimu, itu artinya dia sudah percaya padamu dan seharusnya kamu juga bisa memercayainya.

Makna dukungan dalam sebuah proses ataupun perjalanan suatu hubungan maknanya sangat besar karena dukungan dari pasangan begitu berarti. Jika pasanganmu mendukungmu, itu artinya dia percaya bahwa kamu mampu melakukan sesuatu yang kamu impikan dan tentu saja mempertanggungjawabkannya. Maka dari itu, mulai dari sekarang, cobalah belajar untuk saling memberi perhatian dan dukungan tulus kepada pasangan.

Bersikap Konsisten

Terakhir, cara untuk membangun kepercayaan dalam hubungan dengan pasanganmu adalah bersikap konsisten. Ini bagian yang paling penting. Jika pasanganmu hanya menunjukkan sikap-sikap baiknya diawal saja, bagaimana kamu bisa memercayainya bahwa dia adalah orang yang tepat untuk kamu ajak berkomitmen.

Coba perhatikan dengan berjalannya waktu, apakah pasanganmu konsisten atau tidak dalam menunjukkan itikad baiknya mendapatkan kepercayaanmu. Jika tidak, jangan memercayainya, dia hanya akan menipumu dan membuatmu rugi. Jika dia bisa menunjukkan konsistensinya, maka dia orang yang sangat tepat untukmu.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Kolesterol Naik, Dokter Minta Lakukan 4 Hal Ini
Artikel Selanjutnya
Ini 6 Zodiak yang Paling Sering Mengalami Insomnia