Sukses

Lifestyle

Kebiasaan yang Teratur Menciptakan Kebahagiaan Tersendiri

Fimela.com, Jakarta Mengubah kebiasaan lama memang tidak mudah. Mengganti kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik pun kadang butuh proses yang tak sebentar. Membuat perubahan dalam keseharian dan hidup selalu memiliki perjuangannya sendiri. Melalui Lomba Change My Habit ini Sahabat Fimela berbagi kisah dan tulisannya tentang sudut pandang serta kebiasaan-kebiasaan baru yang dibangun demi hidup yang lebih baik.

***

Oleh: Jayanti

Dear Fimela,

Mengubah suatu kebiasaan itu bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan pula sesuatu yang tidak mungkin untuk kita lakukan. Perkenalkan saya adalah seorang karyawati di suatu perusahaan swasta di Jakarta. Pada awal April 2020 sebagian besar karyawan termasuk saya harus bekerja dari rumah tanpa perlu absen setiap waktu. Hanya perlu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan sesuai timeline.

Jadwal saya mulai kacau, bangun pagi hanya untuk ibadah pagi dan lanjut tidur lagi hingga tengah hari. Anak-anak diurus oleh asisten dari pagi hingga sore hari seperti hari-hari saat saya masih bekerja dari kantor. Hal tersebut berlangsung selama dua bulan. Rasanya hidup tidak nyaman, karena bosan dan tidak ada keteraturan.

Hingga akhirnya bulan Juni  ini saya sudah kembali bekerja di kantor. Hal tersebut membuat saya sadar bahwa memiliki keteraturan hidup akan membuat saya bahagia. Hal pertama yang saya lakukan adalah bangun pagi pukul 05.00 WIB, dan tentu saja hal tersebut tidak mudah. Perlu bantuan "alarm" dengan volume besar agar saya segera terbangun.

Rutinitas Pagi

Pertama yang saya lakukan adalah ibadah, kemudian lanjut belanja sayuran di tukang sayur dekat rumah, kemudian saya lanjutkan memasak. Menu yang saya buat setiap harinya bervariasi yang penting ada kandungan karbohidrat, protei, dan serat. Selesai memasak saya lanjutkan beres-beres dapur, menyiapkan sarapan dan bekal untuk saya dan suami ke kantor.

Bangun pagi banyak sekali manfaatnya, selain tepat waktu beribadah, mendapatkan udara segar saat belanja ke tukang sayur, menikmati makanan rumahan yang sehat dan bergizi untuk keluarga, serta dapat menghemat biaya bulanan karena tidak perlu makan siang diluar. Saya memulai program tersebut sejak 8 Juni 2020 sampai dengan sekarang tanggal 24 Juni 2020 dan akan tetap saya jalankan untuk masa mendatang.

Semoga tulisan saya ini dapat memberikan motivasi untuk fimela yang masih sulit untuk bangun pagi. Semangat karena pagi ini indah.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading