Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Topping yang Enak dan Sehat Untuk Melengkapi Sajian Oatmeal

Fimela.com, Jakarta Oatmeal adalah makanan sehat yang jarang disukai banyak orang karena rasanya yang tidak memiliki cita rasa alias hambar. Maka dari itu, bagi sebagian besar orang tidak akan kuat mengonsumsi oatmeal secara murni atau tanpa campuran lainnya. Untuk mensiasatinya, ditambahkan beragam topping agar rasanya dapat diterima lidah.

Oatmeal sendiri terdiri dari tiga macam yaitu, oat meal, corn meal dan pease meal yang dihaluskan. Berbentuk bubuk dengan serpihan kasar. Aromanya gurih wangi seperti susu atau gandum. Ada yang disebut quick oat karena sudah dipotong serpihannya dan dikukus sehingga cepat matang jika dimasak. Ada juga yang instant oat yaitu yang bisa langsung dimakan. Jenis ini biasanya sudah ditambahkan gula dan perasa buah-buahan.

Oatmeal juga memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan berguna bagi kesehatan tubuh. Setiap 100 gram oatmeal itu mengandung 9,9 hingga 14,9 gram serat. Kandungan serat ini berfungsi menjaga kesehatan pencernaan. Serat yang terkandung pada oatmeal disebut beta-glucan yang berperan penting dalam menurunkan kadar gula, insulin serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Nah, ada begitu banyak manfaat oatmeal bagi tubuh, pastinya sayang jika kamu tidak mengonsumsinya hanya karena rasanya yang hambar. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 rekomendasi topping yang enak dan sehat untuk melengkapi sajian oatmeal. Simak rekomendasi selengkapnya berikut ini.

Buah-Buahan

Rekomendasi topping yang pertama untuk melengkapi sajian oatmeal ialah buah-buahan. Buah-buahan memang sering dicampurkan sebagai topping ke beberapa makanan, termasuk oatmeal. Rasa asam manis alami dari buah akan memberikan cita rasa yang berbeda pada oatmeal menjadi tidak hambar lagi.

Biasanya buah yang sering digunakan untuk menjadi topping oatmeal ialah pisang, stroberi, manga, dan buah beri lainnya. Menambahkan buah sebagai topping juga tidak hanya akan berdampak pada rasanya saja tetapi juga pada khasiatnya. Oatmeal yang sudah banyak gizi ditambah dengan berbagai macam vitamin buah pastinya akan membuat tubuh menjadi sehat.

Susu

Kedua, rekomendasi topping yang enak dan sehat untuk melengkapi sajian oatmeal berikutnya ialah susu. Susu yang paling sering digunakan ialah susu putih yang rasanya manis karena mudah menyatu dengan oatmeal dan sajiannya pun akan terlihat mirip seperti sereal.

Tentunya susu juga mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh, susu merupakan salah satu sumber protein hewani. Mengonsumsi susu dapat menguatkan tulang dan juga menurunkan berat badan asalkan susu yang kamu konsumsi adalah susu yang rendah lemak. Coba saja campurkan ke oatmeal dan kamu akan merasakan sajian seperti sereal yang lebih mengenyangkan dan juga menyehatkan.

Keju

Berikutnya, rekomendasi topping yang enak dan sehat untuk sajian oatmeal ialah keju. Mirip seperti topping salad buah, keju juga bisa kamu campurkan ke dalam oatmeal. Keju sendiri jenisnya ada beberapa macam, ada keju leleh, mudah leleh, sampai yang padat. Semuanya bisa kamu campurkan dan akan memengaruhi rasa oatmeal menjadi lebih asin dan gurih.

Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya kamu menggunakan keju leleh sehingga mudah larut dan juga mudah menyatu dengan oatmeal. Sajikan dan santap selagi hangat agar rasanya tidak jauh beda seperti kamu sedang menyantap cream soup siap saji.

Yoghurt

Keempat, rekomendasi topping yang enak dan sehat untuk melengkapi sajian oatmeal ialah yoghurt segar. Sudah menjadi rahasia umum bahwa yoghurt sering digunakan sebagai bahan campuran agar sajian makanan menjadi beragam cita rasanya. Yoghurt sendiri rasanya dominan asam manis dan teksturnya juga padat sehingga cocok untuk menjadi pelarut atau pelengkap oatmeal.

Yoghurt juga memiliki manfaat yang tidak kalah banyak dari susu. Mengonsumsi yoghurt dapat membuat sistem pencernaan didalam tubuh menjadi lancar. Beberapa penelitian banyak yang sudah membuktikan bahwa mengonsumsi yoghurt bisa dijadikan alternatif untuk membersihkan usus dan juga menjadi pengganti makan malam untuk kamu yang sedang dalam program diet. 

Kacang Almond

Terakhir, rekomendasi topping yang enak dan sehat untuk melengkapi sajian oatmeal ialah kacang almond. Tidak hanya pada oatmeal, kepingan kacang almond juga sering menjadi tooping salad dan juga ice cream. Rasanya yang khas serta teksturnya yang mudah dikonsumsi membuat kacang jenis ini banyak disukai.

Tidak perlu cara yang rumit, kamu hanya cukup memotong kacang almond dengan bentuk pipih lalu ditaburkan ke sajian oatmeal. Dijamin rasa oatmeal tidak akan hambar lagi dan kamu bisa merasakan sensasi memakan kepingan kacang almond yang menggugah selera.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Zodiak yang Paling Suka Melakukan Travelling Menurut Astrologi
Artikel Selanjutnya
Tips Aman Bersepeda saat Pandemi Sesuai Protokol Kesehatan