Sukses

Lifestyle

Resep Ramuan Alami yang Bisa Menyembuhkan Gatal di Kulit

Fimela.com, Jakarta Gatal yang terjadi di kulit, biasanya disebabkan karena kulit kering, kulit sensitif dan karena biang keringat. Biang keringat juga bisa disebut dengan iritasi kulit, yang bisa menimbulkan ruam kulit, bila kulit terlalu sering digaruk.

Biang keringat bisa menyumbat pori-pori. Biang keringat juga muncul di area lipatan kulit seperti leher, pinggang dan ketiak. Biang keringat juga bisa disebabkan karena menggunakan pakaian yang terlalu ketat, menggunakan riasan yang berbahan dasar minyak, serta alergi atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Berikut resep ramuan alami, yang bisa membantu menyembuhkan gatal di kulit, dirangkum dari berbagai sumber:

Kentang

Resep ramuan alami, yang bisa membantu menghilangkan gatal di area kulit, bisa menggunakan kentang. Karena kentang memilki emolien, yang mampu meredakan rasa gatal dan ruam. Kentang juga berfungsi untu membantu menenangkan kulit. Iris tipis kentang, lalu tempelkan irisan kentang pada area yang gatal. Kemudian diamkan sekitar 15 menit dan cuci bersih.

Semangka

Resep ramuan alami yang kedua, yaitu menggunakan buah semangka, untuk membantu menghilangkan rasa gatal di area kulit. Semangka memiliki fungsi untuk menenangkan dan menyegarkan kulit yang mengalami iritasi. Buah semangka juga mengandung antioksidan, yang bisa membantu menghidrasi dan meregenerasi kulit.

Oleskan buah semangka pada bagian biang keringat, tunggu sekitar 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Jahe

Bahan dapur juga bisa digunakan sebagai ramuan alami, untuk membantu menghilangkan gatal akibat biang keringat, salah satunya adalah jahe.

Jahe merupakan bahan dasar yang sering diolah menjadi masakan, maupun digunakan sebagai obat-obatan, seperti membantu mengobati rasa gatal di kulit karena biang keringat.

Parutlah jahe hingga halus, lalu rebus jahe hingga mendidih. Setelah itu kompres area kulit yang gatal dengan handuk yang direndam air jahe.

Es Batu

Resep ramuan alami yang terakhir, yang bisa membantu menghilangkan rasa gatal akibat biang keringat, yaitu dengan es batu.

Es batu memiliki suhu yang dingin, yang bisa membantu menenangkan kulit gatal serta iritasi, dan meredakan kulit kemerahan akibat peradangan. Kompres area kulit yang gatal, menggunakan es batu yang sudah dibungkus handuk, dan diamkan hingga es batu meleleh.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Karakter Masing-Masing Zodiak dalam Menjalani Hubungan Percintaan
Artikel Selanjutnya
Bulan Juli 2020 Akan Jadi Bulan Terbaik untuk 3 Zodiak Ini