Sukses

Lifestyle

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Gigi dan mulut merupakan organ penting yang ada di dalam tubuh. Selain penting untuk mengunyah, gigi juga sangat memengaruhi penampilan. Maka tidak heran jika sangat penting menjaga kesehatan gigi, agar terhindar dari kuman yang berbahaya.

Gigi dan mulut sangat mudah terserang bakteri. Hal ini karena sisa-sisa makanan dan minuman yang menempel di gigi yang tidak dibersihkan dengan tepat. Jika tidak dibersihkan akan menjadi plak dan karang gigi.

Jangan anggap sepele karang gigi. Karena jika tidak segera dibersihkan, karang gigi bisa menyebabkan peradangan pada gusi, bau mulut tidak sedap dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Tentu hal ini sangat mengganggu, kan?

Berikut cara membersihkan karang gigi secara alami, yang bisa dilakukan di rumah, dirangkum dari berbagai sumber:

Menggosok Gigi

Cara membersihkan karang gigi secara alami yang pertama, yaitu dengan menggosok gigi secara teratur, minimal 2 kali sehari. Selain membantu membersihkan karang gigi, rajin menggosok gigi bisa membantu mencegah timbulnya karang gigi, karena sikat gigi bisa membersihkan sisa makanan dan minuman di gigi dan mulut.

Menggosok gigi harus dilakukan dengan benar, yaitu dilakukan selama 2 menit, dengan gerakan memutar dan menjangkau sela-sela gigi. Kamu juga harus menggunakan sikat gigi dengan bulu halus, agar tidak melukai gusi, gigi dan mulut saat menggosok gigi.

Menggunakan Pasta Gigi Flouride

Cara membersihkan karang gigi yang selanjutnya, yaitu menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride, pada saat menggosok gigi setiap hari. Pasta gigi yang memiliki kandungan mineral fluoride, membantu mengembalikan mineral gigi, yang hilang karena asam yang berasal dari makanan-makanan yang manis.

Menggosok gigi dengan pasta gigi yang memiliki kandungan flouride, bisa membantu memperkuat lapisan enamel gigi, serta dapat mengurangi risiko pembusukan akibat makanan dan minuman asam.

Flossing

Cara membersihkan karang gigi secara alami yang selanjutnya, bisa menggunakan cara flossing gigi, yaitu membersihkan gigi dengan benang. Flossing gigi bisa membantu membersihkan sisa makanan, yang terdapat pada sela-sela gigi, yang susah dijangkau dengan sikat gigi.

Banyak produk flossing gigi yang dijual di toko. Jadi gunakanlah benang yang memang digunakan untuk flossing gigi, yang halus dan bahannya aman untuk gigi dan mulut.

Menggunakan Cairan Kumur

Karang gigi juga bisa dibersihkan secara alami, menggunakan produk cairan kumur, yang memiliki kandungan antiseptik. Cairan kumur bisa membantu membersihkan sisa makanan, membunuh bakteri pada area gigi, dan membantu menyegarkan napas.

Kamu bisa menggunakan obat kumur atau cairan kumur, setelah menggosok gigi atau melakukan flossing. Cairan kumur sangat mudah dibeli di toko maupun apotek.

Makanan Manis

Cara membersihkan karang gigi secara alami yang terakhir, yaitu menghindari makanan dan minuman manis, yang bisa memicu timbulnya karang gigi. Jika terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri akan cepat tumbuh di dalam gigi dan mulut. Kemudian bakteri akan dengan mudah melepaskan zat asam yang menghasilkan karang gigi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat mencoba.

;
Loading