Sukses

Lifestyle

Manfaat Buah Markisa untuk Daya Tahan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Markisa merupakan buah yang sering ditemukan di Indonesia. Markisa memiliki dua macam, yaitu markisa ungu dengan nama lain Passiflora edulis dan markisa kuning yang memiliki nama lain Passiflora flavicarpa.

Buah markisa ini cukup unik. Karena yang dikonsumsi adalah biji dari buah markisa, yang memiliki rasa asam dan manis yang menyegarkan. Buah markisa memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi, sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Buah markisa memilki kandungan seperti vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks dan serat. Selain itu buah markisa juga mengandung zat besi, kalium, vitamin B3 dan vitamin B6.

Berikut manfaat buah markisa, yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh, dirangkum dari berbagai sumber:

Membantu Menangkal Radikal Bebas

Manfaat buah markisa yang pertama, yaitu bisa membantu menangkal radikal bebas, agar daya tahan tubuh tetap kuat. Buah markisa memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, seperti polifenol, flavonoid dan piceatannol serta vitamin C.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah markisa ini, bisa membantu menangkal radikal bebas, dan melindungi sel imun tubuh agar tidak rusak. Jika tubuh terkena radikal bebas, maka akan meningkatkan resiko kanker, penuaan dini pada kulit hingga penyakit jantung.

 

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah markisa yang kedua, yaitu bisa membantu menjaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit. Buah markisa memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C, yang bisa membantu menjaga sel imun tubuh,agar tidak mudah terserang virus atau bakteri.

Antioksidan yang terkandung di dalam buah markisa, bisa membantu menangkal radikal bebas, yang bisa menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Sedangkan vitamin C yang terkandung di dalam buah markisa, bisa membantu meningkatkan produksi sel imun di dalam tubuh, yang bisa membuat daya tahan tubuh tetap kuat.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Jika kamu memiliki masalah pada sistem pencernaan, konsumsilah buah markisa setiap hari, karena bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Buah markisa memiliki kandungan yang kaya akan serat. Dalam satu buah markisa memiliki kandungan sekitar 2 gram serat, yang bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selain membantu melancarkan sistem pencernaan, serat yang terkandung di dalam buah markisa, bisa membantu perut tidak mudah lapar dan mencegah sembelit.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat buah markisa yang selanjutnya, bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat. Karena buah markisa memiliki indeks glikemik yang rendah, serta kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi. Buah markisa, bisa membantu menjaga kadar gula darah di dalam tubuh tetap terkontrol.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi ekstrak buah markisa, dapat meningkatkan kinerja insulin dan mencegah diabetes.

Mencegah Stres

Manfaat buah markisa yang terakhir, yaitu bisa membantu mencegah stres, karena stres bisa menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah. Buah markisa memiliki kandungan zat, yang bisa memberikan efek tenang dalam pikiran, dan membantu mengendurkan saraf yang tegang.

Mengonsumsi buah markisa bisa membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang, cocok dijadikan sebagai minuman relaksasi, dan dinikmati saat dingin.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaar.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mbah Lindu Meninggal Dunia, Hingga Akhir Usia Masih Masak Gudeg Yogya Legendarisnya
Artikel Selanjutnya
Resep Ayam Tuturuga khas Minahasa