Sukses

Lifestyle

Penyebab Munculnya Rasa Mual Usai Berolahraga

Fimela.com, Jakarta Pandemi Corona membuat semua orang menjadi lebih rajin untuk merawat kesehatannya, termasuk dengan berolahraga setiap hari. Namun, pernahkah kamu merasa mual setiap kali usai melakukan olahraga? Kamu tidak perlu khawatir jika pernah merasakannya. Karena, para atlet lari pun kerap kali mengalami hal serupa, lho! 

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, para pelari perempuan mengalami G.I Distress seperti mual-mual dan perut kembung. Sementara itu, menurut studi yang diterbitkan Sports Medicine dari 272 atlet ultramarathone yang berlari 100 mile atau 160 km, 60% dilaporkan mengalami mual-mual. 

Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan rasa mual ini muncul? Kepada Self.com, seorang fisiolog olahraga Joel Seedman, Ph.D., hal ini wajar terjadi. Ketika kamu berolahraga, jantung memompa darah ke otot-otot tubuhmu untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi. Sayangnya, darah juga mengalir ke organ pencernaan seperti lambung dan usus, sehingga menimbulkan rasa mual. 

"Hal ini menyebabkan darah mengalir ke lambung dan usus, dan hasilnya, sering kali (hal ini) mendorong terjadinya rasa mual atau bahkan muntah sebagai respon," jelasnya kepada Self.com. 

Bagamana Cara Mengatasinya?

Jika kamu merasa ingin muntah atau mual usai berolahraga, jangan panik. Karena ada cara aman untuk meredakan dan menghilangkan rasa mual ini. 

Seedman menyarankan untuk berjalan kaki di sekitar tempatmu berolahraga perlahan-lahan. Atau, kamu bisa berbaring sembari mengangkat kakimu lebih tinggi dari perut. 

"Berjalan-jalan dengan kecepatan rendah atau sedang usai berolahraga merupakan salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa mual. Kamu juga bisa berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi dari perut, yang akan membantu darah mengalir kembali ke jantung," katanya. 

Selamat mencoba, ya! 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading