Sukses

Lifestyle

Panduan Tata Cara Sholat Dhuha, Lengkap Beserta Niat, Doa, dan Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Selain sholat tahajud, sholat sunnah yang sering dikerjakan oleh umat muslim ialah sholat dhuha. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikenal untuk memohon dilipatgandakannya rezeki oleh Allah SWT. Pelaksanaan sholat dhuha sama dengan sholat lain pada umumnya, hanya saja memiliki waktu dan doa-doa khusus.

Hukum mengerjakan sholat dhuha adalah sunnah muakkad. Artinya hukum sunnah yang sangat dianjurkan, sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri melakukannya dan menjadikannya sebagai suatu wasiat. Oleh karena itu, sholat dhuha sering dikerjakan sebagai tanda memuliakan anjuran Rasulullah.

Selain itu, biasanya motivasi untuk melaksanakan sholat dhuha muncul tatkala seseorang memiliki keinginan atau mengalami kesulitan sehingga dengan mengerjakan sholat dhuha, ia berharap Allah SWT dapat memberikan pertolongan dengan cara yang tidak diduga-duga. Ada banyak kisah orang sukses yang rajin melaksanakan sholat dhuha dan akhirnya diberi kelancaran dalam setiap urusannya.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai sholat dhuha bisa melihat ulasannya berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi panduan tata cara sholat dhuha, lengkap beserta niat, doa, dan manfaatnya. Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Niat Sholat Dhuha

Seperti pelaksanaan ibadah sholat pada umumnya, sholat dhuha diawali dengan membaca niat. Mengucapkan niat sholat dhuha sebelum takbirotul ihram hukumnya sunnah menurut madzhab Syafi’i dan Hambali. Fungsi dari mengucap niat sholat dhuha sendiri adalah untuk mengingatkan hati sehingga lebih mantap dan khusyu’ dalam menjalankan sholatnya. Membaca niat ini termasuk dalam tata cara sholat dhuha 4 rakaat.

Selain itu, niat sholat dhuha cukup dilafalkan di dalam hati saja. Karena mengucap niat sholat dhuha adalah khilaful aula (menyalahi keutamaan) dan bid'ah (tidak dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam). Terlepas dari perbedaan tersebut, berikut bacaan niat sholat dhuha:

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Dhuha

Setelah mengulas niat sholat dhuha, selanjutnya adalah memahami tata cara sholat dhuha itu sendiri. Dalam memahami tata cara sholat dhuha, kamu perlu mengetahui juga waktu yang ditentukan untuk melaksanakannya. Waktu mengerjakan sholat dhuha yang pertama yakni di awal waktu. Untuk awal waktu sholat dhuha ini dimulai 20 menit setelah Matahari terbit. Ini sesuai dengan keterangan hadis yang diriwayatkan oleh ‘Amr bin ‘Abasah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari).” (HR. Muslim)

Sedangkan untuk batas waktu pelaksanaan sholat dhuha yakni, 15 menit sebelum masuk waktu sholat zhuhur. Namun waktu terbaik atau utama mengerjakan sholat dhuha adalah di waktu yang akhir atau seperempat siang, yaitu dalam keadaan yang semakin panas. Adapun tata cara sholat dhuha seperti berikut ini:

  1. Niat sholat dhuha
  2. Takbirotul Ihram (Mengangkat Kedua Tangan)
  3. Membaca Doa Iftitah (Sunnah)
  4. Membaca surat Al-Fatihah
  5. Membaca surat Ad-Dhuha
  6. Rukuk dengan tuma'ninah
  7. I'tidal dengan tuma’ninah
  8. Sujud dengan tuma’ninah
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  12. Membaca surat Al-Fatihah
  13. Membaca surat As-Syams
  14. Rukuk dengan tuma'ninah
  15. I'tidal dengan tuma'ninah
  16. Sujud dengan tuma'ninah
  17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
  18. Sujud kedua dengan tuma'ninah
  19. Tasyahud Akhir dengan tuma'ninah
  20. Salam
  21. Membaca doa sholat dhuha

Setelah selesai sholat dianjurkan langsung mengucap istighfar tiga kali dan dzikir, dilanjutkan membaca doa sholat dhuha.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hal yang membedakan sekaligus membuat sholat dhuha menjadi istimewa adalah doa dan keutaamaannya. Oleh karena itu, setelah selesai melaksanakan sholat dhuha, dianjurkan untuk membaca doa. Adapaun bacaan doa sesuai dengan yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah menurut hadis shahih, yakni:

"Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu'siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba'idan fa qoribhu, bihaqqidhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita 'ibaadakash shoolihiin."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Selain doa setelah sholat dhuha diatas, kamu bisa memanjatkan doa lainnya kepada Allah. Jadi, doa setelah sholat dhuha tidak terbatas dengan doa diatas saja.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat dhuha memiliki keutamaan yang bisa menyelamatkan dan memberi kelancaran dalam hidup. Keutamaan sholat dhuha antara lain akan dicukupkan rezeki bagi orang yang mengerjakannya, berpahala seperti orang pergi haji dan umrah, termasuk bagian dari sedekah, dibangunkan sebuah rumah di surga, hingga sarana untuk memohon pengampunan dosa. Keutamaan sholat dhuha akan dirasakan jika disertai dengan memanjatkan doa setelah sholat dhuha kepada Allah SWT.

Adapun manfaat dari melaksanakan sholat dhuha secara rutin yakni:

  1. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa sholat dhuha secara rutin dapat membantu menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat.
  2. Apabila berkeinginan, malaikat akan ikut memohonkan doa agar keinginan segera terwujud, maka dari itu kamu akan lebih merasa mudah dan tenang dalam menghadapi setiap ujian.
  3. Manfaat sholat dhuha secara rutin dikaitkan dengan kelancara rezeki. Orang yang sholat dhuha akan dicukupkan kebutuhannya. Ini diibaratkan dengan dicukupkan kebutuhannya di akhir siang.
  4. Orang yang rajin sholat baik itu sholat fardu maupun salat sunah akan memiliki wajah yang berseri dan bersinar.
  5. Menjalankan sholat dhuha setara dengan melakukan sedekah. Sedekah yang dimaksud adalah sedekah untuk tubuh dengan senantiasa berzikir dengan mengerjakan dua rakaat sholat dhuha.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading