Sukses

Lifestyle

5 Macam Penyakit yang Biasa Muncul di Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Usia muda tidak menjadi jaminan bagi seseorang terbebas dari berbagai penyakit, nyatanya beberapa penyakit tertentu justru bisa menyerang. Ada anggapan yang keliru mengenai pemahaman kesehatan berdasarkan jenjang usia. Banyak yang berpikir bahwa selagi masih muda, tubuh dalam keadaan fit sehingga tidak mudah terjangkit penyakit.

Mereka kemudian berpikir bahwa usia tua adalah usia yang rawan terhadap berbagai jenis penyakit karena mulai melemahnya metabolisme dan fungsi-fungsi organ akibat usia yang semakin menua. Pada faktanya, penyakit juga bisa dengan mudah menyerang anak muda jika mereka memiliki faktor pendukung atau pemicu.

Beberapa faktor pendukung atau pemicu yang menyebabkan penyakit mampu menyerang anak muda ialah karena faktor keturunan dan pola hidup yang tidak sehat. Faktor keturunan berbicara soal riwayat keluarga yang bisa jadi mengidap suatu penyakit tertentu sehingga secara otomatis terbawa ke anak.

Sementara faktor pemicu gaya hidup yang tidak sehat ialah pola hidup sehari-hari yang sering melakukan hal-hal bertentangan dengan kesehatan. Seperti pola makan tak teratur, merokok, konsumsi alkohol, kurang istirahat hingga tak pernah olahraga, hanya serentetan penyebab penyakit menjangkit tubuh manusia. Bila sudah begini, bersiaplah bisa jadi kematian akan mengincar di usia dini.

Nah, maka dari itu, kamu perlu mengenal beberapa penyakit yang seringkali muncul di usia muda. Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 macam penyakit yang biasa muncul di usia muda. Simak informasi dan ulasan selengkapnya berikut ini.

Kolesterol dan Asam Urat

Penyakit yang biasa muncul di usia muda pada urutan pertama ialah kolesterol tinggi dan asam urat. Kolesterol dan asam urat yang muncul di usia muda dapat memicu penyakit-penyakit berat, seperti stroke dan jantung. Sebuah penelitian dalam jurnal Annals of Internal Medicine dari Universitas California telah membuktikan bahwa anak muda di usia 20an, cukup rentan akan kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi dan asam urat yang menimpa usia muda, biasanya dikaitkan dengan obesitas karena hobi mengonsumsi makanan junk food dan fast food. Alhasil, kolesterol yang ada didalam tubuh pun meningkat dan akhirnya memunculkan beragam penyakit serius.

Menjaga konsumsi makanan dan melakukan gaya hidup sehat adalah solusinya. Namun, jika sudah terlanjur terjadi, meminum obat penurun kolesterol sangat disarankan sebagai langkah awal. Jika kadar kolesterol Anda tetap tinggi, segera temui ahli gizi untuk melakukan diet rendah kolesterol sehingga kamu bisa meminalisir dampak buruk atau munculnya penyakit lain yang lebih parah.

Gangguan Pada Pernapasan

Selanjutnya, penyakit yang kerap muncul lainnya di usia muda ialah gangguan pada pernapasan. Ada banyak berbagai macam jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan, dari yang ringan hingga akut. Beberapa diantaranya ialah, asma dan flu.

Penyakit pernapasan mencakup berbagai kondisi. Mulai dari kondisi asma biasa, hingga sampai ke paru obstruktif kronis (PPOK). Sebagian besar kasus gangguan pernapasan, atau sekitar 85 persen, karena terlalu banyak merokok. Sisanya, dipicu oleh paparan asap, bahan kimia dan debu di tempat kerja atau, sangat jarang, karena kecenderungan genetik langka.

Penyakit Hati

Berikutnya, penyakit lain yang juga biasa muncul pada usia muda ialah penyakit hati. Penyakit hati mengalami peningkatan sebesar 20 persen selama satu dekade terakhir. Penyakit ini berkembang diam-diam dan banyak orang tidak tahu dan menyadari kerusakan hati yang dialaminya, hingga akhirnya terlambat.

Tiga penyebab utama penyakit hati karena peminum berat, obesitas dan virus hepatitis (radang hati). Lebih dari sepertiga pria dan lebih dari seperempat wanita mengalami kerusakan hati dengan penyebab utamanya adalah asupan alkohol. Oleh karena itu, untuk mencegahnya, kurangi asupan alkohol dan jaga berat badan.

Kanker

Salah satu penyakit yang berbahaya dan berisiko besar merenggut nyawa dan bisa terjadi di usia muda ialah kanker. Menurut Cancer Research UK, gaya hidup tidak sehat adalah akar penyebab dari sekitar sepertiga masyarakat di belahan dunia mengidap kanker. Meskipun ada lebih dari 200 jenis, namun kanker di paru-paru, payudara, prostat dan usus paling sering menyerang mereka di usia muda.

Merokok menjadi penyebab terbesar dari timbulnya gejala kanker paru-paru. Pola makan yang buruk dikaitkan dengan kanker usus, dan kanker pankreas. Sementara, minum alkohol disebut sebagai cikal bakal kanker payudara.

Meski demikian, ada harapan hidup buat mereka penderita kanker selama mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Selain itu, untuk mencegah banyak kasus kanker, inisiatif kesehatan publik seperti vaksinasi dan skrining diharapkan bisa menekan lahirnya kasus kanker.

Penyakit Jantung

Terakhir, penyakit berbahaya selain kanker yang bisa muncul dan menyerang di usia muda ialah penyakit jantung. Banyak ahli berpendapat bahwa kebanyakan kasus kematian dini akibat penyakit jantung, sebenarnya dapat dicegah. Merokok, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, kolesterol, peminum berat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor utama penyebab timbulnya penyakit jantung.

Untuk mengurangi risiko serangan jantung, cobalah melakukan banyak latihan olah tubuh. Terutama latihan aerobik seperti berjalan, berenang dan bersepeda juga mengatur pola makan. Kelebihan berat badan, dapat menambah beban pada jantung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading