Sukses

Lifestyle

6 Cara Bantu Anak Fokus Saat Belajar Daring di Rumah

Fimela.com, Jakarta Belajar daring atau online saat ini menjadi alternatif yang dijalani akibat mewabahnya virus corona. Bagi para orang tua, hal ini adalah tantangan tersendiri yang harus dihadapi.

Jika biasanya anak-anak belajar bersama guru di sekolah, kini proses tersebut harus dilakukan jarak jauh secara daring.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan fokus dan konsentrasi anak saat harus belajar daring? Dilansir dri Jhons Hopkins School of Education, simak caranya berikut ini.

Belajar daring

1. Memahami pembelajaran daring jarak jauh

Butuh adaptasi yang sesungguhnya saat melakukan pembelajaran daring. Waktu adalah kunci segalanya. Pastikan berapa lama seorang anak dapat konsentrasi di depan layar untuk mengikuti proses belajar. Dengan waktu yang tepat, maka materi pembelajaran daring dapat terserap sempurna.

2. Tentukan jenis kegiatan yang tepat dilakukan secara online

Pastikan lagi jenis pembelajaran apa yang sesuai dilakukan secara online. Hindari aktivitas sulit yang membuat anak jadi putus asa atau enggan belajar.

Belajar daring

3. Lakukan peregangan di sela aktivitas

Ingat, belajar secara online di depan komputer tentu akan terasa membosankan. Pastikan anak tetap aktif dengan menyisipkan aktivitas olah tubuh ringan dengan peregangan-peregangan sederhana agar tetap bugar dan konsentrasinya terjaga.

4. Kurangi distraksi

Konsentrasi anak mudah terganggu. Jadi, usahakan untuk ciptakan suasana yang tenang, hindari suara mengganggu dan visual yang dapat memecah konsentrasi si kecil.

5. Sesuakan jadwal

Jika anak merasa kesulitan atau justru orangtua yang mengalami kesulitan, maka usahakan untuk rehat sejenak, dan jika energi sudah mulai kembali, maka kamu bisa memulai belajar lagi dengan perlahan sambil mencari solusinya.

6. Gunakan checklist fokus

Checklist fokus akan membantu anak untuk bisaa menyelesaikan proses belajar daring dengan baik. Dengan langkah ini, maka semua bisa terselesaikan dengan optimal.

Dengan 6 langkah di atas, maka proses pembelajaran secara online di rumah bisa dilakukan lebih mudah.

 

#ChangeMaker

;
Loading