Sukses

Lifestyle

Memahami Sederet Manfaat Vaksin Dewasa di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Diketahui bahwa belum ada vaksin yang mampu menghambat penyebaran virus corona. Meski demikian, vaksin tetap perlu dilakukan sebagai bentuk pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit penyebab virus dan bakteri.

Vaksin tidak hanya penting bagi anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Menurut Center for Disease Control dan Prevention, vaksin sendiri merupakan zat atau senyawa yang mengandung bakteri maupun virus penyebab penyakit yang sudah dilemahkan atau dimatikan.

"Selama ini sebagian besar orang vaksin itu bayi atau remaja. Padahal orang dewasa juga butuh untuk melindungi dirinya dari penyakit. Vaksin anak sebenarnya sudah memenuhi 90 persen imunisasi. Namun seseorang yang tidak mendapatkan vaksin anak biasanya vaksin dewasanya tidak berhasil," ungkap dr. Dara Ayuningtyas.

dr. Dara Ayuningtas yang merupakan Head of Medical & Traning ZAP Clinic menjelaskan bahwa vaksin yang dilemahkan ditujukan bagi orang dengan kekebalan tubuh baik. Sehingga ketika disuntikkan ke tubuh, ia akan merangsang kembali kekebalan tubuh dan membentuk antibodi. Sementara orang dengan masalah immunocompriseed akan diberikan vaksin yang sudah dimatikan.

 

 

Manfaat vaksin dewasa

"Vaksin yang dimatikan sudah diolah tapi bermanfaat. Tujuannya untuk merangsang antibodi. Ini bagus untuk diberikan kepada yang immunocomprise-nya rendah," ungkap dr. Dara Ayuningtas dalam pertemuan daring bersama ZAP Clinic.

dr. Dara sendiri menjelaskan banyak manfaat dari dilakukan vaksin dewasa. Namun secara umum, vaksin tidak membuat seseorang tidak terkena penyakit. Melainkan membuat tubuh kita tidak mengalami gejala penyakit yang berlebihan.

Seperti misalnya saat seseorang terkena flu. Ketika sudah divaksin, orang tersebut mungkin masih akan terkena. Namun gejala yang ditimbulkan tidak akan separah orang yang tidak divaksin.

 

Manfaat vaksin dewasa

Selain itu, vaksin juga membantu tubuh memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Ketika vaksin disuntikkan ke tubuh, ia akan merangsang antibodi yang lebih tahan atau lebih kuat. Dengan tahan tubuh yang lebih kuat, seseorang tidak mudah terkena penyakit.

Terakhir, vaksin juga melindungi diri dari penyakit berbahaya. Banyak orang yang menyepelekan kasus flu. Padahal flu bisa menyebabkan kematian jika tidak dicegah dan diatasi dengan baik.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Mendapatkan Vaksin COVID-19 sebelum Berinteraksi dengan Bayi yang Baru Lahir
Artikel Selanjutnya
Vino G. Bastian Sambut Baik Vaksinasi untuk Pekerja Kreatif