Sukses

Health

5 Jenis Sayuran untuk Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Asam urat dan kolesterol adalah dua zat yang berbeda dalam tubuh dengan peran yang berbeda. Penyakit asam urat merupakan zat purin yang dihasilkan dari sisa makanan. Kadar asam urat yang berlebih bisa menumpuk dan akan membentuk kristal di sendi, yang bisa membuat nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Penyakit asam urat merupakan penyakit sendi, yang disebabkan karena kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah, dan biasanya menyerang orang dewasa.

Sedangkan kolesterol adalah lemak yang ditemukan dalam darah dan merupakan komponen penting dalam pembentukan sel-sel tubuh dan produksi hormon. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, terutama LDL (kolesterol jahat) yang tinggi, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Asam urat dan kolesterol yang tinggi juga bisa menyebabkan penyakit batu ginjal juga. Asam urat dan kolesterol bisa diatasi dengan berbagai obat-obatan, dan bisa juga dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, seperti sayuran. Berikut jenis sayuran yang bisa dikonsumsi, untuk membantu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh:

Jenis Sayuran

1. Kentang

Jenis sayuran pertama, yaitu mengonsumsi sayuran kentang, karena kandungan kentang bisa membantu menurunkan asam urat dan kolesterol. Kentang memiliki kandungan zat anti radang atau potassium, dan juga memiliki kandungan vitamin B6, yang bisa membantu meredakan peradangan atau nyeri pada sendi yang disebabkan karena asam urat. Kentang biasanya dijadikan menu utama, sebagai pengganti nasi, untuk seseorang yang sedang diet asam urat. Kentang juga memiliki kandungan yang rendah lemak, sehingga bisa membantu menurunkan asam urat, kolesterol dan berat badan.

2. Timun

Jenis sayuran yang selanjutnya, yaitu timun yang bisa dikonsumsi kapan saja, untuk membantu menurunkan asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Timun memiliki kandungan purin yang cukup rendah, dan mengandung banyak air, sehingga baik untuk dikonsumsi seseorang yang memiliki asam urat dan kolesterol. Kandungan air yang terdapat di dalam timun, bisa membantu meningkatkan sistem kerja ginjal, untuk mendetoksifikasi tubuh dan menghasilkan banyak urin.

3. Tomat

Tomat memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa membantu menurunkan asam urat dan kolesterol. Tomat memiliki kandungan protein, fosfor, kalium dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tomat juga memiliki kandungan serat, karbohidrat, dan juga berbagai jenis vitamin yang baik untuk membantu mengontrol kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Saat dikonsumsi, ternyata tomat menghasilkan minyak, yang bisa membantu meluruhkan kristalisasi asam urat pada sendi yang mengakibatkan sakit nyeri.

 

Jenis Sayuran

4. Daun Seledri

Jenis sayuran yang berikutnya, yaitu sayuran seledri yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol. Seledri memiliki kandungan chlorine, yang merupakan kandungan utama pada daun seledri, yang baik untuk mengontrol asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Seledri juga memiliki kandungan seperti pottasium, asam folat, esensial dan inositol. Seledri juga memiliki kandungan seng, selenium, vitamin B1 dan vitamin A serta mangan dan sulfur. Rutin mengonsumsi daun seledri, juga bisa membantu mencegah masalah kulit, seperti mencegah timbulnya jerawat.

5. Wortel

Jenis sayuran terakhir, yaitu sayuran wortel, yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Wortel memiliki kandungan vitamin A, yang tinggi, yang baik untuk kesehatan mata, dan menyehatkan kulit. Namun wortel juga bisa membantu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh, karena memiliki kandungan magnesium, serat dan folat serta vitamin K. Wortel dipercaya bisa membantu menghilangkan peradangan di dalam sendi, dan menghilangkan rasa nyeri, yang disebabkan karena asam urat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading