Sukses

Lifestyle

9 Jenis Kain Brokat yang Bagus Buat Kebaya, Bikin Momen Spesial Makin Tak Terlupakan

Fimela.com, Jakarta Apapun momen spesialmu, baik wisuda, lamaran hingga pernikahan, kebanyakan akan memikirkan satu busana untuk dipakai. Yup, kebaya merupakan salah satu jenis pakaian tradisional yang sering dipilih karena menunjukkan sisi elegan dan femininmu. Selain memutuskan model kebaya yang ingin dikenakan, pertimbangkan juga jenis kain brokat yang bagus untuk event istimewamu.

Semakin unik corak dan teksturnya, begitu juga kehalusan dan kelenturan kain brokat, bikin harganya semakin tinggi. Biar nggak salah pilih, pahami dulu perbedaan tipe kain brokat berikut ini.

Brokat Biasa

Kalau mencari jenis kain brokat yang bagus dan nyaman, mungkin kain ini kurang cocok untuk merayakan momen spesialmu. Pasalnya, motifnya sendiri kurang bervariasi, bahkan tak sedikit yang menganggapnya lebih mirip taplak meja.

Dibanding brokat lainnya, variasi warnanya cukup terbatas dan permukaannya terasa kasar. Dibanderol dengan harga paling murah, jenis kain brokat ini masih banyak diminati oleh mereka yang mencari bahan kebaya untuk bridesmaid atau seragam yang murah meriah.

Brokat Itali

Jenis kain brokat yang bagus untuk dijadikan kebaya dalam waktu singkat adalah brokat itali. Ciri kain ini cukup menonjol karena sudah ada tambahan bordir dan payet, tinggal pilih saja ingin yang lebih sederhana atau meriah.

iasanya, semakin unik dan rumit bentuk payet maupun bordirnya, harganya akan semakin mahal. Begitu juga tingkat kepadatan bordir dan payet yang menghiasi kain ini. Cantik, praktis dan hemat waktu, pastikan bordir dan payetnya terpasang cukup kuat pada kain brokat itali.

Brokat Jepang

Tak sulit untuk membedakan brokat jepang dengan jenis kain brokat yang bagus buat kebaya. Di seluruh kainnya tampak tersebar motif bunga yang besar dengan kain yang nggak begitu lebar. Bahannya cukup lembut membuatnya banyak dipilih untuk membuat kebaya yang simpel dan sederhana, misalnya untuk keperluan bridesmaid atau wisuda. Harganya pun cukup terjangkau dan nyaman dipakai untuk tampilan elegan sepanjang hari.

Brokat Prada

Bisa dibilang jenis kain brokat yang bagus untuk kebaya ini jadi favorit para designer. Teksturnya mudah dibentuk potongan dan model kebaya apa saja. Ciri khasnya terdapat pada motifnya yang timbul dan tegas sehingga memberikan kesan super mewah. Warnanya bukan hanya satu, tapi bisa memiliki tiga warna dalam satu jenis kain brokat prada.

Tampilannya yang cantik dan elegan pun jadi pilihan banyak perempuan yang ingin tampil sempurna di momen istimewanya. Selain itu, nggak perlu takut risih karena kain brokat yang identik dengan gatal dan kemerahan. Pasalnya, tekstur kain brokat yang satu ini cukup lembut dan bikin pemakainya merasa nyaman, meskipun berkebaya dalam waktu yang cukup lama.

Soal harga, kain brokat prada ini ditawarkan beragam di berbagai toko kain. Faktor penentu ada pada kehalusan bahan dan jenis motifnya. Semakin tinggi kualitas dan langka ketersediaannya di pasaran, tentunya harga jualnya akan semakin tinggi. Uniknya, nggak jarang kain brokat ini pun dipotong-potong sesuai motifnya, kemudian dijahitkan pada kebaya untuk mempercantik penampilannya.

Brokat Prancis

Jenis kain brokat yang bagus buat kebaya ini juga dikenal dengan nama French Lace. Di antara beragam jenis brokat yang ada di pasaran, brokat prancis ini jadi juaranya. Kualitasnya terbaik akrena memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga pemakainya nggak perlu khawatir akan rasa panas atau gatal saat mengenakannya. Apalagi kalau memiliki kulit yang cenderung sensisit, brokat perancis ini bisa jadi pilihan tepat.

Selain lembut dan nyaman di kulit, brokat prancis ini teksturnya juga jatuh sehingga dapat membentuk badan. Nggak heran kalau desainer kebaya banyak memilihnya sebagai bahan utama pembuatan kebaya pengantin. Melihat keunggulan yang dimilikinya, wajar saja jika kain brokat ini jadi yang paling mahal dibandingkan brokat lainnya. siapkan dana lebih besar demi mendapatkan brokat prancis ini, ya!

Brokat Semi Prancis

Nah, kalau nggak punya dana terlalu besar untuk membeli kain brokat prancis, jenis kain brokat yang bagus buat kebaya ini bisa jadi alternatif yang lebih terjangkau. Sering disebut brokat prancis KW, jenis kain ini punya tekstur yang mirip banget dengan brokat prancis tapi lebih kaku.

Selain harganya memang lebih murah, nggak sedikit perancang kebaya pengantin menggunakan jenis kain brokat ini karena teksturnya yang kaku lebih mudah dijahit, dibentuk dan tahan lama. tapi sebelum memutuskan untuk membeli brokat semi prancis ini, perhatikan kalau perhitungannya bukan lagi per meter tapi per panel atau potong baju, sekitar 2,5 meter.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan model kebaya yang diinginkan. Ada beberapa model yang lebih elegan menggunakan bahan brokat yang lemas, tapi ada juga yang tampak lebih mewah saat dibuat dari kain yang lebih kaku. Pilih juga warna brokat yang cocok untuk jenis kulitmu, sehingga membantu menampilkan aura kecantikan yang hakiki di momen spesialmu.

Brokat Corneli

Dikenal juga dengan nama lain French Alencon Lace, jenis kain yang bagus buat kebaya ini memiliki unsur tile di dalamnya. Ciri khasnya ada pada benang timbul di pinggirannya, dengan bordir yang sangat rapat.

Hasilnya, kain memang terasa cukup berat, tapi permukaannya tetap halus, lentur, bahkan terlihat cantik dan elegan saat digunakan dalam pembuatan kebaya. Selain itu, kain brokat corneli ini juga dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga memiliki cukup banyak peminat.

Brokat Tile

Tak punya bujet besar untuk bikin kebaya wisuda atau lamaran, jenis kain brokat yang bagus berikut ini bisa jadi solusi jitu. Perpaduan antara bahan brokat dan tile sering jadi favorit karena karena teksturnya yang tipis dan ringan saat dikenakan, namun cukup awet.

Kamu pun bisa memilih berbagai motif kekinian, seperti bordir bunga atau akar yang cantik. ada juga yang polosan atau bertabur mutiara maupun glitter yang bikin penampilanmu kian menawan. Soal harga, kain brokat tile ini cukup bersahabat dengan kantung. Jadi nggak perlu ragu membeli kain ini untuk membuat busana kebaya seragam untuk satu keluarga atau kompakan dengan teman-teman saat menghadiri acara pernikahan.

Brokat Tile 3D

Pada dasarnya, brokat tile 3D sama saja dengan brokat tile biasa. Tapi yang membedakan dengan jenis kain brokat yang bagus buat kebaya adalah penambahan bentuk bunga secara 3D, yang disesuaikan dengan motif kain. Hasilnya, tanpa pembahan payet atau batu-batuan pun kebaya tampak makin cantik dan menarik. ditambah bahan kain yang halus dan ringan, nggak heran kalau brokat tile 3D kini jadi pilihan kain kebaya yang banyak diminati.

Mumpung masih punya waktu jelang hari-H momen spesialmu, nggak ada salahnya mulai memikirkan mana jenis kain yang bagus buat kebaya yang akan kamu kenakan. Siap berburu kain brokat? (eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading