Sukses

Lifestyle

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Haid

Fimela.com, Jakarta Pada saat haid, biasanya napsu makan perempuan akan naik lebih tinggi sehingga mampu mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, namun dari sekian banyak makanan, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena ada jenis makanan tertentu yang kandungannya dapat memperburuk kondisi tubuh saat haid.

Menurut penelitian, kondisi naiknya napsu makan saat haid ini berhubungan dengan perubahan hormon. Hormon progesteron meningkat sehingga mendorong nafsu makan. Walaupun begitu, jangan sepenuhnya memenuhi hasrat tersebut karena dapat memperburuk kondisi kamu saat haid apalagi jika dihajar dengan beragam makanan yang belum tentu baik untuk dikonsumsi.

Memang saat haid, tubuh menjadi cepat lelah dan emosi pun tidak stabil, hal ini membuat kamu jadi malas bergerak saat haid dan keinginan untuk terus makan pun muncul. Jika sudah begini, maka kamu bisa mensiasatinya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur serta mengonsumsi banyak air putih sehingga tubuhmu tidak kehilangan banyak cairan.

Nah, buat kamu yang sedang haid dan penasaran dengan jenis makanan apa saja yang perlu dihindari, bisa melihat informasinya berikut ini. Fimela.com akan berbagi ulasan mengenai 5 jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat haid. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Makanan Olahan dengan Kandungan Garam yang Tinggi

Jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat haid ialah jenis makanan olahan dengan kandungan garam yang tinggi. Contoh makanan olahan yang perlu kamu hindari ialah kue atau pizza. Mengonsumsi kue atau pizza saat haid bisa memperburuk kondisi tubuh.

Hal ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Dr. Michele Barton, PhD selaku direktur Psikologi Kesehatan Klinis dan pendiri Psikolohi Kesehatan dan Pusat Kesehatan di Behavioral Associates mengatakan bahwa zat yang terkandung dalam makanan tersebut kurang baik untuk tubuh saat menstruasi.

Berikutnya, makanan yang mengandung banyak garam juga tidak sehat dan sebaiknya dihindari saat kamu sedang haid. Hal ini dikarenakan beberapa hormon yang menyebabkan menstruasi dapat menyebabkan retensi air dan inilah yang menyebabkan perut mudah kembung.

Ditambah dengan mengonsumsi makanan yang menyebabkan kembung atau gas, akan memperparah kembung dan rasa tidak nyaman. Makanan tersebut seperti makanan cepat saji, sup kalengan, dan daging bacon.

Makanan yang Berlemak dalam Porsi Besar

Berikutnya, jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat haid ialah jenis makanan berlemak dalam prosi besar. Mengonsumsi makanan berlemak dalam jumlah besar saat haid dapat menciptakan ketidaknyamanan pada area perut. Hal ini dikarenakan organ-organ di dalam perut dapat tertekan.

Selain tidak nyaman pada pencernaan, makanan tersebut juga dapat meningkatkan risiko kram pada perut. Rasa kram, kembung, dan tumbuh jerawat merupakan kondisi yang kerap dialami ketika mengonsumsi makanan tinggi lemak. Hal ini dikarenakan makanan dengan lemak tinggi dapat memengaruhi hormon saat haid

Oleh karena itu, selama haid kamu perlu menghindari daging sapi dan burger berlemak.

Gorengan dan Aneka Makanan Olahan Biji-Bijian

Selanjutnya, makanan lain yang sebaiknya tidak kamu konsumsi saat haid ialah gorengan dan aneka makanan yang berasal dari olahan biji-bijian. Gorengan memang makanan sejuta umat, rasanya yang gurih, teksturnya yang crispy, serta sangat praktis untuk dimasak menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai gorengan.

Namun, gorengan masuk dalam daftar makanan yang perlu kamu hindari saat haid karena termasuk jenis makanan yang berlemak. Kamu masih boleh mengonsumsinya namun dalam jumlah yang tidka banyak karena jika memakannya dalam jumlah besar akan menyebabkan perut kembung dan kram.

Selain itu, makanan yang berasal dari olahan biji-bijian juga tidak baik untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan perut kembung saat menstruasi. Beberapa contoh produk dengan biji-bijian olahan seperti nasi putih, tepung, dan roti putih. Jenis makanan ini tidak memiliki banyak nutrisi karena telah diproses sedemikian rupa.

Makanan dengan Kandungan Karbohidrat yang Tinggi

Keempat, jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat haid ialah makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat memang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh namun pada saat haid usahakan agar kamu tidak mengonsumsinya terlalu banyak.

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi selama haid dapat membuatmu merasa lebih cepat lelah dan mengantuk. Daripada memilih nasi, lebih baik kamu menambahkan banyak sayuran dan buah-buahan sebagai menu makanan selama haid, tentunya sayur dan buah jauh lebih aman untuk dikonsumsi saat haid.

Produk Susu dan Minuman Berkafein

Terakhir, selain jenis makanan, ada juga jenis minuman yang perlu kamu hindari dan sebaiknya tidak kamu konsumsi saat haid, beberapa diantaranya yakni produk susu dan minuman yang mengandung kafein. Dua jenis minuman ini memiliki kandungan yang tidak baik untuk perempuan saat haid.

Menurut Huff Post, mengonsumsi susu dapat memicu kram menstruasi. Hal ini dikarenakan susu biasanya mengandung asam arakidonat yang memicu kram. Kamu bisa menggantikan konsumsinya dengan oat, almond, atau susu kedelai.

Mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi selama mesntruasi dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Kondisi ini akan menyebabkan kecemasan dan ketegangan yang dapat membuat kamu merasa lebih tidak nyaman.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading