Sukses

Lifestyle

Pelatihan Intensif untuk Pengelolaan Bisnis UMKM

Fimela.com, Jakarta Grab Indonesia, bekerja sama dengan Sahabat UMKM, menghadirkan program pelatihan, pendampingan, dan konsultasi bisnis gratis bagi UMKM Indonesia bertajuk ‘Grab #TerusUsaha Akselerator'. Pemilik bisnis kecil yang tertarik dapat mendaftarkan diri mereka. Program intensif selama 2,5 bulan ini, menghadirkan berbagai sesi agar peserta terpilih dapat memperoleh ilmu untuk menumbuhkan potensi bisnisnya dengan meningkatkan penggunaan platform digital dan kemampuan bisnis mereka. Pendaftaran akan dibuka selama 6 hari, hingga 26 Juli 2020.

Program ini akan menyeleksi puluhan UMKM terpilih untuk mengikuti berbagai pelatihan intensif mulai 5 Agustus 2020, yang dibagi atas tiga fase, di antaranya:

Fase 1 - Business Assessment

Sesi pelatihan dan pembelajaran intensif selama beberapa minggu yang fokus pada topik seperti legalitas, pemasaran, literasi keuangan, hingga daya saing produk. Akan ada juga pelatihan tentang kesiapan mental, untuk memastikan UMKM memiliki mental yang kuat agar bisa mengelola bisnisnya dengan maksimal.

Fase 2 - Product Review

Sesi selama beberapa minggu, dimana bagi para ahli akan menilai dan meninjau produk dan rencana bisnis dari para peserta. Hal ini diharapkan dapat membantu bisnis UMKM peserta dapat lebih kompetitif dan memiliki daya saing.

Fase 3 - Konsultasi

Kesempatan untuk mendiskusikan berbagai topik seputar ekspansi pasar, pengelolaan sumber daya, modal, dan bantuan bisnis, juga hal lain yang ingin dibahas atau ditanyakan oleh peserta.

 

Pemateri yang akan bergabung dalam pelatihan

Program ini terbuka bagi seluruh pemilik UMKM yang merupakan warga negara Indonesia, memiliki perizinan PIRT, dan sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun. Pelatihan akan dilakukan secara virtual dan setiap kelas akan menghadirkan pengajar kenamaan dan profesional di bidangnya masing-masing, termasuk Aidil Wicaksono Google Gapura Digital, Irvan Helmi pemilik Anomali Coffee, Hendy Setiono pemilik Kebab Baba Rafi, Garniasih Branding Expert dari CEO LAB.id, Gufron Syarif pemilik HAUS!, dan juga pengajar dari DJKI Kemenkumham, Kementerian Keuangan, hingga dosen akademis.

 

Solusi UMKM menuju digital

Program ‘Grab #TerusUsaha Akselerator’ merupakan salah satu program dari inisiatif #TerusUsaha yang diluncurkan pada 30 Juni lalu dan menjadi solusi untuk digitalisasi UMKM di Indonesia.

“Program akselerator ini kami rancang khusus untuk memberikan pendampingan mendalam bagi usaha kecil terpilih, agar mereka benar-benar bisa belajar, bersama meninjau kembali rencana bisnis mereka, dan pada akhirnya tumbuh serta memberi manfaat bagi banyak orang disekitar mereka. Riset Tenggara dan CSIS di tahun 2020 telah memperlihatkan bagaimana pekerja informal yang memanfaatkan teknologi Grab merasakan peningkatan kualitas hidup hingga 13 persen dan juga berkontribusi sebesar Rp77,4 triliun pada perekonomian Indonesia di tahun 2019. Dua hal ini mendorong kami untuk terus membantu lebih banyak bisnis kecil untuk bisa bersama #TerusUsaha melalui digitalisasi di era new normal ini,” tutup Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading