Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Memengaruhi Desain Rumah pada Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Rumah menjadi tempat berlindung untuk menikmati kehidupan yang nyaman, tempat berkumpul dengan keluarga, dan tentu tempat kita beristirahat.

Maka tak ada salahnya untuk mendesain rumah senyaman mungkin. Apalagi di masa pandemi virus corona seperti saat ini, waktu banyak dihabiskan di dalam rumah. Jika rumah sudah nyaman, faktanya akan berdampak pada kesehatan mentalmu lho.

Lalu apa yang harus dilakukan agar desain rumah dapat membuat kesehatan mental lebih baik? Berikut ulasannya, dilansir dari womendailymagazine.

1. Situasi rumah

Kondisi kehidupan memiliki efek besar pada kesehatan mental secara umum. Maka dari itu, sebelum mendesain rumah ada baiknya untuk membangun lingkungan yang baik karena akan merasakan persatuan keluarga dan kenyamanan di rumah.

2. Color tones

Mulai dari warna tirai hingga warna cat rumah ternyata dapat memengaruhi suasana hatimu lho. Ada banyak bukti yang menunjukan bahwa warna-warna yang kita lihat setiap hari dapat memengaruhi suasana hati, sikap, hingga stress.

Sahabat Fimela dapat memilih warna yang lebih cerah seperti pink, kuning, dan merah yang akan mememngaruhi suasana hati lebih positif. Pilih cat atau tirai di rumah warna biru dan hijau dapat meningkatkan suasana hati lebih tenang apalagi setelah menjalani aktivitas yang begitu berat.

3. Penataan furnitur

Menempatkan furnitur pun menjadi hal yang perlu dipikirkan. Sarannya sebaiknya tidak terlalu banyak furnitur di dalam rumah, sebab menumpuknya furnitur dengan cara yang tidak terorganisir akan membuat stres.

Pilihlah perabot atau furnitur yang dapat menyesuikan dengan bentuk tubuh sehingga nyaman saat digunakan dan lebih produktif lagi.

4. Arsitektur dan Layout

Dinding dan pintu membagi setiap kamar dari sisa rumah. Itu tidak lagi menjadi masalah di dunia arsitektur dan desain saat ini. Sangat penting untuk memastikan memikirkan cara untuk memastikan rumah teratur dan bebas berantakan ketika mendesain rumah.Sebab, rumah berantakan akan berdampak buruh pada kesehatan mentalmu.

Serta bangkitkan mood di dalam rumah dengan dekorasi yang memiliki visual menarik, seperti dapat mencermikan kepribadianmu atau wall decor dengan kata-kata positif vibes.

5. Letakan tanaman

Agar suasana rumah lebih nyaman dan segar, ada baiknya untuk menempatkan tanaman. Seperti jenis tilansia yang tidak berbunga untuk di letakan di dalam rumah. Atau bunga-bungan yang dapat mengeluarkan harum.

 

#Changemaker

;
Loading