Sukses

Lifestyle

Manfaat Lilin Lebah untuk Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Selain menghasilkan madu yang baik untuk kesehatan, lebah juga menghasilkan lilin lebah, yang merupakan diproduksi dari polimer sarang lebah. Lilin lebah terbuat dari ester asam lemak, dan berbagai senyawa alkohol rantai panjang, yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit seperti halnya dengan manfaat yang terdapat pada madu.

Lilin lebah ini dikeluarkan dari kelenjar khusus milik lebah. Kelenjar tersebut di kunyah oleh lebah, dan digunakan untuk membentuk sisir madu berbentuk segi enam. Untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit pada seorang perempuan, banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan alami dari lilin lebah. Menariknya lilin lebah ini sudah digunakan dari zaman Mesir kuno.

Berikut manfaat menggunakan lilin lebah, untuk membantu menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, dirangkum dari berbagai sumber:

 

Menghidrasi Kulit

Manfaat lilin lebah yang pertama, yaitu bisa membantu mengatasi kulit kering, terutama untuk menghidrasi kulit. Lilin lebah bisa membantu meningkatkan lapisan pelindung pada kulit, agar kulit tidak mudah kering, dan terjaga kelembapannya.

Lilin lebah juga bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit kering secara alami, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah dehidrasi pada kulit. Kamu bisa menggunakan lotion bar yang mengandung lilin lebah, untuk mengembalikan kelembapan kulit, dan membantu menghidrasi kulit.

Mencegah Iritasi

Manfaat menggunakan lilin lebah, bisa membantu mengatasi iritasi dan luka bakar, yang terjadi pada kulit tubuh maupun kulit wajah. Biasanya kulit yang sering terpapar sinar matahari, sering mengalami iritasi, yang menyebabkan kemerahan dan luka bakar.

Lilin lebah memiliki sifat anti alergen dan anti inflamasi, yang bisa membantu mencegah iritasi serta menyembuhkan luka bakar, pada kulit yang sensitif.

Memperbaiki Tekstur Kulit

Lilin lebah bisa membantu memperbaiki tekstur kulit, yang biasanya rusak akibat penuaan dini, atau karena proses penyembuhan jerawat. Tanda-tanda penuaan dini muncul karena terjadi kerutan di kulit, karena elastisitas kulit yang berkurang. Dan proses penyembuhan jerawat yang terkadang meninggalkan scars atau bopeng.

Lilin lebah memiliki kandungan vitamin A, yang membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulitm sehingga bisa membantu memperbaiki tekstur kulit. Rutin menggunakan lilin lebah, bisa membantu mencegah proses penuaan dini, dan menyamarkan bopeng akibat jerawat.

Mencegah Jerawat

Lilin lebah sangat membantu mengatasi kulit berjerawat. Berbagai produk perawatan kecantikan yang berfungsi untuk menyembuhkan jerawat, banyak yang memiliki kandungan lilin lebah. Karena lilin lebah memiliki kandungan anti bakteri dan antiseptik, yang bisa membantu membasmi bakteri atau kuman penyebab jerawat, dan mengatasi peradangan pada kulit akibat jerawat.

Rajin menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung lilin lebah, bisa membantu mengeringkan jerawat, menenangkan jerawat dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

Meregenerasi Kulit

Manfaat terakhir yang didapatkan dari menggunakan lilin lebah, yaitu bisa membantu meregenerasi kulit, karena lilin lebah bersifat sebagai eksfoliator. Lilin lebah bisa membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan membantu mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan vitamin A yang terdapat pada lilin lebah, bisa memperbaruhi atau meregenarasi kulit.

Semoga bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading