Sukses

Lifestyle

5 Tips Ampuh Atasi Pegal dan Nyeri Pada Tubuh Secara Aman dan Cepat

Fimela.com, Jakarta Rasa pegal dan nyeri pada tubuh pasti membuatmu tidak nyaman sekaligus bisa berdampak pada penurunan aktivitas dan produktivitas kerja. Walaupun bukan sebuah penyakit yang berbahaya namun, rasa pegal dan nyeri yang tidak segera diatasi akan membuat tubuhmu menjadi lemas dan akhirnya kamu mudah jatuh sakit.

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami pegal-pegal sampai nyeri pada tubuh. Beberapa diantaranya ialah karena penumpukan asam laktat, yakni sebuah kondisi dimana asam yang terbentuk di dalam otot saat seseorang membutuhkan banyak energi, penumpukan ini biasanya terjadi setelah seseorang melakukan aktivitas berat dalam waktu yang lama.

Selain penumpukan asam laktat, stres juga bisa menjadi faktor penyebab badan mudah merasa pegal dan nyeri. Saat stres, tekanan yang ada di otak pun muncul dan akhirnya otot pun ikut menegang sehingga kamu langsung cepat merasa lelah atau ada bagian tubuh yang terasa nyeri dan linu. Kondisi semacam ini merupakan sinyal bahwa kamu harus beristirahat.

Nah, jika kondisi pegal dan nyeri sering terjadi pada tubuh, artinya kamu harus tahu cara yang tepat untuk mengatasinya. Untuk itu, Fimela.com akan membagikan informasi 5 tips ampuh atasi pegal dan nyeri pada tubuh secara aman dan cepat. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Tips ampuh yang pertama untuk meredakan pegal dan nyeri pada tubuh ialah mengonsumsi obat pereda nyeri. Cara ini merupakan yang paling ampuh, aman, dan cepat untuk meredakan pegal dan nyeri. Tidak hanya pegal dan nyeri, obat ini juga bisa mengurangi rasa sakit akibat otot atau sendi yang menegang dan meradang.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengonsumsi obat yang terjual bebas di apotik tanpa resep dari dokter, contohnya paracetamol, ibuprofen, naproxen, dam aspirin. Meski bisa didapatkan dengan mudah, penggunaan obat pereda nyeri jangka panjang harus dihindari.

Jika tidak juga sembuh, jangan menunda pengobatan dokter karena bisa saja rasa pegal tersebut karena komplikasi akibat penyakit serius lain yang ada di tubuhmu.

Berendam di Air Hangat

Selanjutnya, tips ampuh yang kedua untuk mengatasi pegal dan nyeri pada tubuh ialah dengan berendam di air hangat. Berendam di air hangat dapat membuatotot menjadi lebih rileks karena biasanya saat pegal ototmu sedang tegang dan menerima banyak tekanan.

Selain berendam, kamu juga bisa menempelkan kompres hangat di area badan yang terasa pegal dan nyeri. Ingat, jangan terlalu lama. Cukup 20 menit saja. Hawa panas yang meresap ke kulit bisa membantu peredaran jadi lebih lancar sehingga ampuh mengurangi ketegangan dan tekanan pada otot.

Selain menempelkan kompres, agar lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan koyo tempel sehingga efek hangat tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah tanpa harus memanaskan air terlebih dahulu.

Mempelajari Teknik Relaksasi

Ketiga, tips ampuh lainnya untuk mengatasi pegal dan nyeri pada tubuh ialah dengan mempelajari teknik relaksasi yang akan membantu meringankan rasa pegal dan nyeri yang muncul dan mengganggu. Teknik relaksasi juga cocok saat kamu sering mengalami stres setiap beraktivitas atau bekerja.

Mulailah dengan menarik napas dari hidung dalam secara perlahan. Kemudian, keluarkan lewat mulut secara perlahan. Latihan ini bisa membantu membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang, laju pernapasan jadi lancar, dan otot yang tegang jadi relaks. Lakukan hal ini secara berulang sampai tubuhmu merasa baikan.

Sering Mengonsumsi Air Putih

Berikutnya, tips ampuh lainnya untuk mengatasi pegal dan nyeri pada tubuh ialah sering mengonsumsi air putih. Sesuai dengan saran kesehatan yang sering kamu dengar bahwa mengonsumsi air putih dengan porsi yang cukup da teratur akan memberikan banyak manfaat pada tubuh termasuk meredakan pegal dan nyeri.

Hal ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, maka dari itu menjadi penting untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari dengan minum air. Saat rasa pegal dan nyeri muncul, segera tingkatkan asupan cairan tubuh dengan banyak mengonsumsi air putih. Asupan air dan mineral dapat menutrisi otot sehingga dapat bekerja normal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading